Rendam Dua Dusun, Babinsa Tinjau Banjir di Kecamatan Tambang

Rendam Dua Dusun, Babinsa Tinjau  Banjir di Kecamatan Tambang
Babinsa Koramil 07/Kampar Sertu Supriadi didampingi Kepala Desa Kualu Darmawan, SH meninjau banjir di Dusun Dua RT. 01 RW. 02 Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kampar (foto: istimewa)

iniriau.com,KAMPAR - Babinsa Koramil 07/Kampar Sertu Supriadi didampingi Kepala Desa Kualu Darmawan, SH. berserta rombongan meninjau banjir. Sasaran Babinsa kali ini adalah Dusun 2 RT. 01 RW. 02 Desa Kualu, Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Senin, (01/01/2024).

Sertu Supriadi mengatakan, curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir menyebabkan puluhan rumah warga terendam banjir di Desa Kualu dan sekitarnya. Banjir berasal dari luapan air sungai Kampar ini yang terparah terjadi di Dusun Dua RT. 01 RW. 02.

Setelah melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi terdapat sebanyak dua puluh rumah warga yang terendam dengan ketinggian air bervariasi. Antara 70 hingga 90 Cm, dengan pengungsi  sebanyak 120 jiwa.

“Saya, Kades dan perangkat desa meninjau langsung banjir yang merendam puluhan rumah di Dusun Dua RT. 01 RW. 02 Desa Kualu dan sekitarnya. Saya menghimbau warga untuk waspada terhadap perubahan cuaca dan debit air yang terus meningkat,” katanya.

Selanjutnya Sertu Supriadi juga mengingatkan warga setempat yang rumahnya terendam banjir agar memastikan rumah dikunci saat mengungsi. Serta memperhatikan kelistrikan sebab bisa menimbulkan bahaya jika tidak dimatikan.

“Warga yang terendam banjir tolong waspada saat meninggalkan rumah untuk mengungsi, pastikan rumah dikunci dengan baik, perhatikan alat-alat maupun benda-benda yang berkaitan dengan listrik. Kalau bisa tolong dimatikan saja demi keamanan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Kualu Darmawan juga menghimbau kepada masyarakatnya yang terkena musibah banjir untuk menjaga solidaritas dan kekompakan untuk saling membantu dan saling menjaga terutama berkaitan dengan anak-anak.

“Dalam menghadapi musibah banjir ini kita harus kompak, saling membantu dan menjaga, tolong perhatikan anak-anak kita yang bermain air, jangan bermain di sekitar sungai. Saat ini arus deras dan sangat berbahaya, jangan sampai karena kelalaian, anak berenang tanpa pengawasan di sekitar Sungai Kampar kemudian tenggelam dan menyebabkan penyesalan,” ujarnya.

Babinsa dan Pemerintah Desa Kualu berharap Banjir bisa segera surut. Sehingga  warga yang terdampak banjir bisa kembali ke rumah untuk beraktivitas seperti biasanya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index