Babinsa Bantu Salurkan 500 Ekor Bibit Ayam pada Warga Tanah Tinggi

Babinsa Bantu Salurkan 500 Ekor Bibit Ayam pada Warga Tanah Tinggi
Penyaluran ayam kampung dari dana desa untuk warga Tanah Tinggi Kampar (foto: istimewa)

iniriau.com, KAMPAR - Babinsa Koramil 16/Tapung Koptu Zulpan Heriadi Harahap membantu Kades Tanah Tinggi salurkan lima ratus ekor bibit ayam kampung jenis Joper kepada warga. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaan Dana Desa dalam mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri, kolaboratif, dan berkelanjutan sesuai dengan amanat SDGs Desa.
Pemberian bantuan dilaksanakan di depan Aula Kantor Desa Tanah Tinggi Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Sabtu (30/12/2023).

Kades Tanah Tinggi Sukidi mengatakan penyaluran bantuan bibit ayam kampung  ini merupakan realisasi dari program pemerintah yang tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang APBN. Dimana menyatakan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen). Ini diharapkan mampu menyiapkan sedini mungkin Desa dalam menghadapi krisis pangan.

“Hari ini Pemerintah Desa Tanah Tinggi telah menyalurkan lima ratus ekor bibit ayam kampung jenis Joper kepada warga. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, ayam-ayam tersebut bisa dikembangbiakkan oleh warga. Jika sudah banyak bisa dikonsumsi dan bisa juga untuk dijual sehingga bisa membantu perekonomian keluarga,” ujar Sukidi.

Program ketahanan pangan desa ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan pangan baik dari hasil produksi masyarakat desa maupun dari lumbung pangan desa dan meningkatkan keterjangkauan pangan bagi warga. Ketahanan pangan di desa dapat dicapai dengan adanya partisipasi keikutsertaan warga secara aktif yang diselenggarakan dengan mengutamakan pendayagunaan segala sumber daya pembangunan yang ada di desa.

Sementara itu Koptu Zulpan Heriadi Harahap, menyampaikan  sebagai Babinsa Desa Tanah Tinggi  sangat mendukung program ketahanan pangan ini.

“Kami mendukung penuh program ketahanan pangan yang dilaksanakan Pemerintah Desa Tanah Tinggi. Semoga bibit ayam kampung  yang diberikan kepada warga bisa dikembangkan dengan maksimal, sehingga bisa mewujudkan ketahanan pangan berkelanjutan,"tandasnya.

Diharapkan dengan berjalannya program ketahanan pangan ini ke depan bisa menumbuhkan kemandirian pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanah Tinggi Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index