320 Rumah Warga di Rohul Terendam Banjir Luapan Sungai Batang Lubuh

320 Rumah Warga di Rohul Terendam Banjir Luapan Sungai Batang Lubuh
Rumah warga di Rohul terendam banjir (foto: istimewa)

iniriau.com,ROHUL -Sekitar 320 rumah warga di tiga desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terendam air. Bahkan sejumlah warga terpaksa dievakuasi oleh polisi menuju tempat yang aman pada Selasa (26/12/23) sore.

Menurut Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono yang turun langsung ke lokasi banjir, ada tiga desa yang terendam banjir. Yakni Desa Babussalam, Kelurahan Pasir Pengaraian serta Desa Pematang Barangan

Bahkan dua lansia dievakuasi pihak polisi. Mereka adalah Sahar (93), lalu Yuslaini (63), keduanya warga Desa Babussalam.

"Dua lansia kita evakuasi dari rumah. Mereka terjebak banjir di rumah yang terendam banjir. Mereka dievakuasi mengunakan perahu karet," ujar Budi, pada Selasa (26/12/23).

Budi menyebutkan, banjir tersebut akibat luapan air sungai Batang Lubuh Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Budi juga menyempatkan diri membagikan nasi bungkus kepada masyarakat dan mensosialisasikan Pemilu 2024 agar berjalan damai.

"Tadi kita juga memberikan nasi bungkus kepada masyarakat yang terkena banjir akibat luapan air sungai. Kita juga melakukan evakuasi masyarakat lansia yang terkurung banjir," jelas Budi.

Di Desa Babussalam ketinggian air banjir mencapai 80 centimeter dan merendam 140 rumah atau kepala keluarga. Dua fasilitas umum juga terendam air. Kemudian di Kelurahan Pasir Pengaraian ketinggian air mencapai 70 centimeter dan merendam 110 rumah atau kepala keluarga. Sedangkan di Desa Pematang Berangan ketinggian air mencapai 90 centimeter dengan dampak 70 rumah atau kepala keluarga terendam air.**

 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index