Ini Tips untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Ini Tips untuk Menjaga Kesehatan di Musim Hujan
Ilustrasi -net

iniriau.com, JAKARTA - Musim hujan identik dengan berbagai penyakit, seperti flu dan batuk. Hal ini bisa terjadi akibat penurunan sistem imun tubuh yang disebabkan oleh cuaca dingin. Bukan itu saja, cuaca dingin juga bisa meningkatkan penyebaran bakteri dan virus.

Rhinovirus yang merupakan penyebab flu biasa dapat bereplikasi lebih cepat pada suhu yang lebih dingin. Selain itu, virus Influenza juga bisa tumbuh dan berkembang dengan stabil pada suhu dingin dan kering. 

Perubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Hal ini membuat kamu menjadi lebih rentan mengalami sejumlah keluhan kesehatan, yang bisa menurunkan produktivitas hingga gangguan aktivitas sehari-hari.

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya ketahui berbagai tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit di musim hujan, yaitu:

Penuhi kebutuhan cairan setiap hari

Meskipun cuaca dingin, kamu perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat musim penghujan. Dehidrasi membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit yang kerap muncul di musim hujan.

Perbanyak mengonsumsi air putih atau buah dengan kandungan air yang tinggi, sangat baik untuk mencegah dehidrasi di musim hujan. Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi air putih yang matang dan kebersihannya terjaga dengan baik.

Konsumsi asupan Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh. Untuk itu, jangan lupa perbanyak asupan makanan dengan kandungan vitamin C di dalamnya, seperti jeruk, stroberi, brokoli, hingga bayam.

Selain makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. 

Lakukan aktivitas fisik

Jangan malas untuk melakukan berbagai kegiatan fisik atau olahraga saat musim penghujan. Dengan rutin berolahraga, maka sistem imun tubuh akan meningkat sehingga risiko paparan penyakit akan lebih menurun.

Penuhi kebutuhan istirahat

Penuhi kebutuhan istirahat setiap hari. Sangat penting untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya agar sistem imun tubuh dalam kondisi yang optimal. Hal ini membuat kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan.

Jangan makan sembarangan

Hindari mengonsumsi atau membeli makanan sembarangan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bersih dengan kandungan yang baik untuk kesehatan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kebersihannya kurang terjaga, membuat kamu lebih rentan mengalami berbagai penyakit selama musim hujan.

Jaga kebersihan tubuh

Selama musim hujan, jangan lupa untuk sering mencuci tangan. Hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah paparan bakteri atau virus yang menempel pada tangan. Sebaiknya cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan, hingga setelah menggunakan toilet.

Selain itu, pastikan kondisi kuku dalam keadaan bersih. Kuku yang terlalu panjang dan tidak bersih bisa menyebabkan penumpukan kuman dan bakteri.

Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai peralatan hujan sebagai persiapan di musim penghujan. Kamu bisa siapkan payung atau mantel hujan. Gunakan juga pakaian yang hangat dan alas kaki yang sesuai agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.
 

#Minum

Index

Berita Lainnya

Index