PT HK Bersama Kepolisian Lacak Kendaraan Lawan Arah di Tol Permai

PT HK Bersama Kepolisian Lacak Kendaraan Lawan Arah di Tol Permai
Kendaraan melawan arah di Tol Permai akan ditindak (foto: istimewa)

iniriau.com,PEKANBARU - Satu unit kendaraan tertangkap kamera melawan arah di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai), Sabtu (25/11/2023). Terkait hal itu, PT Hutama Karya (HK) selaku pihak pengelola sudah  berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menemukan identitas pelaku termasuk jenis kendaraan yang digunakan.

"Kami sangat menyayangkan tindakan tersebut dan mengimbau pengguna jalan untuk tetap mengikuti aturan yang berlaku di jalan tol," kata Branch Manager (GM) PT HK Tol Permai, Jarot Seno Wibawa, Minggu (26/11/23).

Jarot memastikan apa yang dilakukan pengendara dengan melakukan melawan arah tersebut jelas pelanggaran. Apa pun alasannya termasuk putar balik di jalan tol.

"Tidak diperbolehkan, iru menyalahi Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol," jelas Jarot.

Dijelaskannya, kendaraan yang melakukan putar balik saat melewati jalan tol, akan mendapatkan sanksi Asal Gerbang Salah (AGS). Kemudian dikenakan denda dua kali lipat dari tarif jarak terjauh di ruas tol yang dilalui.

Hal ini menurut Jarot lagi perlu dilakukan sebagai bentuk pembelajaran kepada semua pihak. PT HK sendiri berharap kedisplinan mengikuti aturan baik terhadap rambu-rambu, laju kendaraan hingga berkaitan dengan kelengkapan kendaraan, tidak lain demi keselamatan pengendara beserta penumpang kendaraan itu sendiri.

"Sikap kita tegas, jelas semua ada aturan. Ini bukan untuk kami, tapi bagi pengendara itu juga," ungkap Jarot.**

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index