Hattrick Juara Umum, Piala Bergilir PORWIL Sumatera Tetap di Riau

Hattrick Juara Umum, Piala Bergilir PORWIL Sumatera Tetap di Riau
Riau hatrrick juara umum PORWIL XI Riau 2023. Piala Bergilir PORWIL Sumatera menjadi piala tetap bagi Riau. Seremonial penutupan PORWIL Sumatera XI Riau, Selasa (14/11) di halaman kantor Gubri, Pekanbaru (foto: Astrid)

Pekanbaru, iniriau.com - Tuan rumah pelaksana PORWIL Sumatera XI, Riau sukses mempertahankan tahta juara umum PORWIL Sumatera XI. Hal ini adalah alasan piala bergilir PORWIL menjadi piala tetap Riau. Hal ini dijelaskan Wakil Ketua I KONI Pusat Suwarno, Selasa (14/11), setelah acara penutupan pesta olahraga regional se Sumatera itu.

"Sekali lagi, selamat untuk kontingen provinsi  Riau, yang di penghujung kegiatan PORWIL memantapkan diri sebagai juara umum dan tiga kali berturut-turut  PORWIL sebelumnya. Oleh karena itu, piala bergilir yang berputar di sepuluh KONI provinsi di Sumatera, menjadi milik Riau. Tuan rumah PORWIL XII, Kepulauan Riau harus menyiapkan piala PORWIL berikutnya," ujar Suwarno kepada awak media di Pekanbaru, Selasa malam di halaman kantor Gubernur Riau.

PORWIL Sumatera XI Riau secara resmi  ditutup langsung Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution. Plt Gubernur Riau Edy menjelaskan PORWIL ini adalah seleksi untuk mengikuti PON 2024 nanti.

"Kita baru saja melakukan penutupan PORWIL Sumatera XI Riau 2023. Tentu dengan kembali menjadi juara umum, saya, atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Riau mengucapkan terima kasih kepada Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin, Ketua PB PORWIL XI Riau yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik," Edy Natar Nasution kepada awak media di Pekanbaru.

Lebih lanjut Plt Gubernur Riau itu juga mengucapkan selamat kepada peraih juara di pesta olahraga regional se Sumatera tersebut.

"Selamat kepada para peraih juara di PORWIL XI Riau ini. Tetap semangat berlatih dan pertahankan prestasi karena kita juga akan bertanding di PON XXI 2024. Bagi yang belum berhasil meraih juara, jangan menyerah dan terus giat latihan," jelas Edy Natar Nasution memotivasi atlet-atlet PORWIL Sumatera tersebut.

Sementara itu, Kepulauan Riau yang menjadi tuan rumah PORWIL XII 2027, melalui Kadispora Kepulauan Riau M Ikhsan menyatukan siap menjadi tuan rumah PORWIL berikutnya.

"Saya mewakili Gubernur Kepulauan Riau siap menjadi tuan rumah PORWIL XII 2027. Pembenahan-pembenahan akan kami gesa khususnya venue-venue olahraga dan juga perbaikan yang dinilai perlu. Ini juga kedua kalinya kita menjadi tuan rumah," tukasnya singkat.

Ketua PB PORWIL XI Riau Jhoni Irwan menjelaskan PORWIL XI Riau sudah selesai dilaksanakan. Seluruh kegiatan mula dari seremonial pembukaan, pertandingan hingga seremonial penutupan berjalan lancar.

"PORWIL XI Riau 2023 sudah selesai dilaksanakan, pertandingan penutup PORWIL XI adalah pertandingan final sepak bola Riau yang bertemu tim sepak bola Sumatera Barat. Kita kalah dengan adu penalti dengan skor 5-6. Bagi atlet-atlet Riau PORWIL Sumatera, tetaplah semangat berprestasi, " tutup Jhoni Irwan.

PORWIL XI Riau diikuti oleh delapan provinsi di Sumatera yaitu, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung. Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan di PORWIL XI diantaranya, atletik, barongsai, bola tangan, catur, e-sport, renang, sepak bola, sepak takraw, voli indoor dan wushu. Untuk cabang olahraga atletik pertandingannya dilaksanakan di Bangkinang, Kampar.

Provinsi yang menempati posisi  delapan PORWIL XI Riau 2023 pertama Riau  41 medali emas, 21 medali perak dan 34 medali perunggu. Kedua Bangka Belitung 31 medali emas, 21 medali perak dan 28 medali perunggu. Ketiga Sumatera Barat 22 medali emas, 36 
medali perak dan 28 medali perunggu.

Keempat Sumatera Selatan 14 medali emas, 28 medali perak dan 16 medali perunggu. Kelima Jambi 13 medali emas, delapan medali perak dan 17 medali perunggu. Keenam Lampung 10 medali emas, 10 medali perak dan 15 medali perunggu.

Ketujuh Kepulauan Riau sembilan medali emas, 11 medali perak dan 17 medali perunggu. Delapan Bengkulu  tiga medali emas, delapan medali perak dan empat medali perunggu.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index