Kado Penantian 31 Tahun, Tim Sepak Bola Riau Lolos PON Aceh-Sumut 2024

Kado Penantian 31 Tahun, Tim Sepak Bola Riau Lolos PON Aceh-Sumut 2024
Tim Sepak Bola Riau lolos PON Aceh-Sumut 2024 (foto: istimewa)

Pekanbaru, iniriau.com - 34 tahun berlalu, Riau menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya. Terhitung dari pelaksanaan PORWIL 1989 di Pekanbaru saat itu, tim sepak bola Riau tidak pernah lolos dan menapak di pertandingan sepak bola PON.

Namun, Sabtu (12/11), tim sepak bola Riau mencatat sejarah lolos ke PON Aceh-Sumut 2024. Tim sepak bola Riau membobol gawang tim sepak bola Kepulauan Riau, 1-0, di Stadion Utama Riau. Gol tunggal Riau berasal dari Endrian Dwi Fahri, menit ke 25 babak pertama. Skor tipis itu menjadi kado istimewa untuk penantian selama 31 tahun.

Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, yang turut menyaksikan partai final tersebut menuturkan dirinya bersyukur dan mengapresiasi permainan anak-anak Riau.

“Alhamdulillah, kita berhasil menang dan melangkah ke final. Ini artinya tiket PON sudah ditangan. Mudah-mudahan, kita bisa raih juara satu nantinya. Ini sejarah anak-anak Riau bisa mengangkat persepakbolaan Riau, mencatatkan sejarah setelah 31 tahun tidak lolos PON,” jelas Iskandar Hoesin yang terlihat lega.

Di tahun 1993 Riau baru lolos PON, dibabak kualifikasi Pra PON tahun 1992. Selanjutnya pada tahun 2012 lalu, Riau lolos tanpa babak kualifikasi karena tuan rumah PON.

Iskandar Hoesin  berharap tim sepak bola Riau bjsa membuktikan memberikan yang terbaik di Sumatera. Target terakhir adalah meraih podium juara di cabang olahraga sepak bola.

“Kita sudah dipastikan juara umum PORWIL, tanpa sepak bola sukses sukses juara umum ini kurang lengkap rasanya. Medali emas di sepakbola ini, adalah mimpi saya menyukseskan PORWIL dan lolos PON sepakbola. Sementara, harapan masyarakat Riau kita juara umum sudah terwujud. Kini tinggal melengkapkan juara dengan medali emas sepakbola,” tutur Iskandar Hoesin.

Manager tim sepakbola Riau, Edward Riansyah, mengaku senang dengan prestasi timnya. Ia juga berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mensupport kemenangan sepak bola Riau ini.

"Terimakasih, kepada seluruh pemain, jajaran pelatih dan official tim Sepakbola Riau atas kemenangan Riau di laga semifinal menghadapi Kepri ini. Hasil ini memenuhi target PSSI Riau lolos PON, setelah 31 tahun menunggu.

"Ini perjuangan yang sangat luar biasa, ini yang kita tunggu-tunggu di PORWIL ini setelah 31 tahun sejak 1992, dan di tahun 2023 kita berhasil lolos PON," tutup Edward singkat.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index