Sabtu Malam, Porwil Sumatera XI Riau Resmi Dibuka

Sabtu Malam, Porwil Sumatera XI Riau Resmi Dibuka
Penyerahan Piala PORWIL oleh Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin kepada Ketua PB PORWIL XI Riau Jhoni Irwan, pada acara pembukaan PORWIL XI Riau, Sabtu (4/11)

Pekanbaru, iniriau.com - Perhelatan Pekan Olahraga Wilayah Sumatera XI Riau 2023, resmi di buka Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putra, Sabtu (4/11).

Pembukaan pesta olahraga regional se Sumatera itu,  turut hadir Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen Purn Suwarno, Wakil Ketua III KONI Pusat Andrie TU Soetarno, Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Gubernur se-Sumatera, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin, Ketua KONI se-Sumatera, Bupati/Walikota se- Riau, Ketua KONI se-Provinsi Riau.

Pada seremonial pembukaan PORWIL tersebut, tampil defile 8 kontingen peserta Porwil Sumatera XI Riau, yaitu kontingen Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan tuan rumah Riau.

Ketua PB Porwil Sumatera XI Riau Joni Irwan mengatakan, ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di PORWIL XI ini. Sepuluh cabor itu adalah, sepakbola, sepak Takraw, bola tangan, voli Indoor, renang, atletik, wushu, barongsai, catur, dan e-sport.

"Ada 1.288 atlet dan 662 official yang akan bertanding pada porwil Sumatera XI Riau 2023," jelas Joni Irwan, Sabtu malam.

Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera, yang membuka Porwil Sumatera XI menuturkan PORWIL adalah ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera.

"PORWIL ini adalah ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera. Pemerintah pusat telah membuat DBON untuk menuju Indonesia Emas sehingga olahraga di Indonesia lebih terarah dan menjadi industri," ujar Dwijayanto

Selain itu, PORWIL juga salah satu babak kualifikasi PON. Dwijayanto berharap atlet-atlet di Sumatera bisa tampil di PON Aceh-Sumut 2024 nanti. Oleh karena itu, Ia berpesan agar atlet yang bertanding fair play dan menjunjung tinggi sportivitas.

"Selamat bertanding dan atlet yang bertanding tetap sportif dan menjujung tinggi sportivitas, serta memberikan prestasi yang membanggakan. Semoga PORWIL Riau XI berjalan lancar dan sukses serta membanggakan," tutur Dwijayanto optimis.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution menjelaskan, Riau berkomitmen menjalankan amanah sebagai tuan rumah yang telah diberikan KONI Pusat kepada Pemprov Riau.

"Kami sebagai tuan rumah komitmen, kami harus menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh. Kami sebagai tuan rumah ingin menyukseskan empat hal, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi," ujar Edy kepada awak media di Pekanbaru.

Edy juga berpesan kepada atlet-atlet Riau agar bisa menjaga marwah dan nama baik Riau sebagai tuan rumah.

"Saya berpesan kepada atlet-atlet Riau untuk bisa menjaga marwah dan nama baik Riau. Kita jadi tuan rumah, berikan yang terbaik kepada tamu-tamu kita. Junjung sportifitas dan fair play, yang utama tugas kita pertahankan prestasi juara umum di PORWIL ini," tutup Edy beranjak pergi meninggalkan lokasi acara.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index