Buka Job Fair, Kasmarni Berharap Serap 1000 Naker Lokal

Buka Job Fair, Kasmarni Berharap Serap 1000 Naker Lokal
Bupati Bengkalis Kasmarni saat membuka Job Fair 2023 di salah satu hotel di Duri, Rabu (18/10/2013) pagi (foto diskominfo)

iniriau.com, BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni berharap 40 perusahaan yang ikut Job Fair bisa menyerap lebih 1000 tenaga kerja lokal.  Hal ini diungkapkan Kasmarni saat membuka Job Fair di Lantai IV salah satu hotel di Duri, Kecamatan Batin Solapan, Rabu (18/10/2013).

Diungkapkan Kasmarni, pada Job Fair tahun ini, diikuti sebanyak perusahaan 40 dengan 1.041 lapangan pekerjaan sektor Migas dan non Migas. Ditegaskan Kasmarni, dimasa jabatannya ia berupaya peluang dunia kerja yang tersedia bisa diisi oleh tenaga kerja lokal. Hal ini penting agar tidak muncul kesenjangan ekonomi dan kecemburuan sosial.

Bupati menjelaskan, kegiatan Job Fair ini merupakan tahun kedua. Dimana, pada tahun lalu diikuti sebanyak 40 perusahaan dengan peluang kerja sebanyak 638 lapangan pekerjaan. Sedangkan saat itu jumlah pencari kerja mencapai 3.000 lebih.

"Job Fair ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi dampak dari tidak seimbangnya antara tingginya jumlah pencari kerja dengan lapangan kerja, dan kurangnya informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan. Sehingga dapat mempercepat upaya kita dalam penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Bengkalis," ungkapnya.

Bupati berharap agar perusahaan juga dapat turut menerima difabel untuk bekerja. Selain itu, juga bersinergi dengan Pemkab Bengkalis dalam mengembangkan investasi, agar iklim investasi lebih baik dan bisa menumbuhkan lapangan lebih banyak lagi.

Program tersebut akan diwujudkan pasangan Kasmarni–Bagus Santoso (KBS) dalam sejumlah kegiatan, salah satunya dengan memberikan peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat melalui Job Fair. Job Fair ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis.

Job Fair ini diperuntukkan bagi seluruh warga masyarakat yang memiliki KTP Kabupaten Bengkalis itu akan berlangsung selama 2 hari. Mulai dari tanggal 18 sampai 19 Oktober 2023. Untuk itu, Bupati Kasmarni mengajak masyarakat di Negeri Junjungan julukan Kabupaten Bengkalis untuk tidak menyianyiakan kesempatan tersebut.

“Kami harap Job Fair ini menjadi angin segar bagi pencari kerja di Kabupaten Bengkalis. Mari manfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk memperoleh pekerjaan,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis, Salman kepada wartawan mengatakan, Job Fair bertujuan untuk mempermudah pencari kerja ber-KTP Kabupaten Bengkalis mendapat pekerjaan yang sesuai disiplin ilmu.

Bagi calon pelamar yang hadir di Job Fair harus membawa persyaratan lengkap, seperti foto kopi KTP, ijazah terakhir, surat lamaran, dan pas foto. Hal ini akan memudahkan pelamar saat mengajukan berkas lamaran di lokasi Job Fair.

"Para pencari kerja yang menghadiri Job Fair ini akan menemukan sekitar delapan ratus lowongan kerja yang tersedia di berbagai bidang jasa," ungkapnya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index