Kadis PUPR Rohul Ungkap Penyebab Ambruk Jembatan di Kepenuhan

Kadis PUPR Rohul Ungkap Penyebab Ambruk Jembatan di Kepenuhan
Jembatan besi di Kepenuhan ambruk (foto: istimewa)

iniriau.com,ROHUL - Kerangka besi jembatan Sungai Batang Lubuh Sei Rokan Jaya Kampung Panjang menuju SP 3  Kecamatan Kepenuhan Rohul ambruk,  Selasa (3/10/2023). Padahal jembatan tersebut sedang tahap pengerjaan oleh rekanan dari PT Rajawali Sakti Prima dengan Konsultan PT Raissa Gemilang.

Ambruknya kerangka besi jembatan, diduga akibat penyangga kerangka ditengah sungai turun, tergerus air sungai naik dan arus deras. Sehingga terjadinya penurunan perancah pada segmen enam dan segmen delapan yang mengakibatkan ujung jembatan rangka baja yang mengarah ke sungai miring.

Menurut Kadis PUPR Rohul Anton ST MM proyek lanjutan pembangunan Jembatan Sei Batang Lubuh pada ruas Jalan Koto Tengah-SP III masih dalam tahap pengerjaan oleh rekanan. Dimana proyek tersebut memiliki anggaran sebesar Rp28.702.000.000 yang bersumber dari dana Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau Tahun Anggaran 2023.  
 

‘’ Saya sudah turun ke lapangan untuk memastikan kondisi dan penyebab ambruknya rangka baja jembatan. Dalam peristiwa ini para pekerja selamat, tidak ada yang terluka,’’ jelasnya, Rabu (4/10/2023).
 

Saat turun, Anton mengaku  meyakinkan kepada sejumlah tokoh masyarakat yang hadir di lokasi menyaksikan ambruknya rangka baja jembatan. Bahwa pemerintah daerah berkomitmen pembangunan Jembatan Sei Batang Lubuh pada ruas Jalan Koto Tengah-SP III yang sudah sangat lama diharapkan masyarakat akan tuntas menjelang akhir tahun 2023.
 

‘’Proyek ini masih tanggung jawab rekanan. Karena proyek lanjutan pembangunan Jembatan Sei Batang Lubuh pada ruas Jalan Koto Tengah-SP III dalam tahap pengerjaan,’’ tegasnya.
 

Anton mengatakan, pasca ambruknya rangka baja jembatan, kondisi abutmen (ABT) jembatan dan rangka baja jembatan yang meluncur ke sungai masih dalam keadaan baik. Karena hanya perancahnya saja yang turun dan ambruk.
 

‘’Untuk rangka baja jembatan masih bagus. Posisinya masih terletak di ABT Jembatan. Tidak ada yang rusak, semuanya dalam kondisi baik,’’ sebutnya.
 

Anton juga mengaku sudah memanggil pihak rekanan dan konsultan dengan menggelar rapat di kantor Dinas PUPR Rohul, Rabu (4/10/2023) pagi.
 

Hasilnya  rekanan akan menindaklanjuti arahan dan masukan yang telah disampaikan, dalam percepatan pelaksanaan pekerjaan dalam memaksimalkan waktu hingga pekerjaan bisa selesai di akhir masa kontrak. Proyek pembangunan jembatan rangka baja yang membentang di atas aliran sungai Batang Lubuh pada ruas Jalan Koto Tengah-SP III dengan panjang total 140 meter.**
 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index