7 Insan Olahraga Berprestasi Terima Penghargaan dari Gubri Syamsuar

7 Insan Olahraga Berprestasi Terima Penghargaan dari Gubri Syamsuar
Gubernur Riau Syamsuar berikan penghargaan kepada tujuh insan olahraga berprestasi Riau, Senin (11/9) di halaman kantor Gubernur Riau

Pekanbaru, iniriau.com - Tujuh insan olahraga berprestasi Riau menerima penghargaan dari Gubernur Riau, H. Syamsuar, pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional ke - 40, Senin (11/9).

Mereka adalah tiga atlet, dua mantan atlet, satu pembina olahraga, dan satu pelatih. Apresiasi ini diberikan karena mereka telah berprestasi sekaligus membawa nama baik Riau di berbagai iven olahraga baik di daerah maupun nasional dan internasional.

Penghargaan atlet berprestasi dibawah pembinaan KONI Riau adalah atlet putra senam terbaik Riau, Abiyu Rafi yang sukses meraih tiga medali emas di Kejurnas Senam 2022 dan raihan medali perak di Sea Games 2023 Vietnam.

Masih di cabang olahraga senam, dibawah pembinaan soina Riau, penghargaan diberikan kepada atlet dan pelatih senam ritmik Wa Ode Arni Tamara, dan atlet  Khairani dan Nur Azizah Sinaga.

"Alhamdulillah, atlet senam kita berhasil berprestasi dan membawa nama baik Riau di berbagai iven olahraga nasional dan internasional. Saya berharap atlet-atlet kita baik dari Persani Riau dan SOIna Riau bisa mempertahankan prestasi di tahun mendatang," tutur Ketua Persani Riau Novilia yang dijumpai usai peringatan Hari Olahraga Nasional ke 40 di halaman Kantor Gubernur Riau, Senin pagi.

Sementara itu, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin menuturkan atlet maupun mantan atlet yang mendapat penghargaan adalah atlet dan mantan yang berhasil meraih prestasi ditingkat nasional maupun internasional.

"Mereka yang menerima penghargaan adalah atlet-atlet yang berprestasi di PON dan Sea Games. Harapan kita semoga atlet-atlet junior yang dibina oleh Dispora Riau bisa dibina berkelanjutan oleh KONI Riau," harapnya.

Gubernur Riau H Syamsuar mengatakan pemerintah pusat melalui Kementrian Olahraga berupaya menggalakkan semangat olahraga di seluruh lapisan masyarakat.

"Kita memberikan apresiasi kepada atlet, sekaligus apresiasi ini memberikan motivasi kepada mereka agar senantiasa semangat berlatih dan sekarang ini temanya bukan untuk nasional tetapi untuk dunia," jelas Gubri Syamsuar kepada awak media di Pekanbaru.

Kadispora Riau, Boby Rachmat mengatakan pada Hari Olahraga Nasional 2023 ini banyak atlet Riau yang sudah menorehkan prestasi. Ia juga berharap dengan banyaknya prestasi olahraga, pembangunan di bidang olahraga juga menjadi prioritas pemprov Riau.

"Alhamdulillah, di berbagai iven olahraga, baik single dan multi iven yang diikuti para atlet dari  Riau menorehkan prestasi yang membanggakan. Ini menjadikan olahraga di Riau lebih berkembang, lebih maju dan tentunya bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga di Riau" pungkas Boby menutup wawancara.

Insan olahraga lainnya yang menerima penghargaan di peringatan Hari Olahraga Nasional ke 40 adalah Raidatul Assifa dari cabang olahraga menembak. Ia meraih medali emas di Kejurnas Menembak antar Perbakin Provinsi dan Kejuaraan Internasional Anniversary Super Youth.

Untuk kategori pembina cabang olahraga, penghargaan diberikan kepada Pengprov Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau. PODSi Riau juga berhasil menciptakan atlet-atlet peraih medali emas, di Kejurnas tahun 2022 lalu.

Penghargaan untuk mantan atlet diberikan kepada Armon Yornis. Ia adalah mantan atlet Sepak Takraw Riau dengan segudang prestasi. Ia adalah peraih medali emas di PON 1989, PON 1993 , PON 1996. Di SEA Games 1991, 1993, 1995 dan 1997 Armon meraih meraih medali perunggu bersama tim nasional takraw Indonesia. Di kejuaraan King's Cup bersama teman satu timnya Armon membawa pulang medali emas untuk Indonesia dan Riau di tahun 1993. Armon menutup karir olahraganya di sepak takraw dengan raihan medali emas di kejuaraan dunia sepak takraw 1996.(ADV)

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index