Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat, Bupati dan Wabup Kenakan Pakaian Adat

Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat, Bupati dan Wabup Kenakan Pakaian Adat
Bupati Bengkalis, Kasmarni menyerahkan bendera merah putih kepada paskibra (poto=Babam kominfotik)

Iniriau.com, Bengkalis, - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-78 pada Kamis 17 Agustus 2023 di Kabupaten Bengkalis yang di gelar di Lapangan Tugu Kota Bengkalis, berlangsung khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Bengkalis Kasmarni. Sedangkan sebagai perwira, AKP Rifendi dan komandan upacara Danramil Bengkalis Kapten CPL Farimus Hendriko.

Pada upacara kali ini, Kasmarni mengenakan baju adat melayu berwarna merah. Sedangkan Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso memakai pakaian adat Jawa.

Prosesi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini, diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam.

Dilanjutkan mengheningkan cipta sebagai wujud mengenang jasa pahlawan terdahulu, yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Suasana semakin khidmat saat sirine dibunyikan tanda detik-detik proklamasi berlangsung. Kurang lebih iga  menit lamanya, Bupati, Wabup, Ketua DPRD, tamu undangan dan masyarakat larut dalam hening.

Beberapa saat kemudian, keheningan dipecahkan oleh bunyi sepatu pasukan paskibra yang merupakan putri-putri terbaik Kabupaten Bengkalis utusan 11 kecamatan, itu memasuki Lapangan Tugu untuk mengibarkan bendera merah-putih. Pasukan pengibar bendera ini dipimpin Peltu Donal Nababan dari Kodim 3030 Bengkalis.

Dipercaya pembawa baki, Wulan Ramadhani. Selangkah-demi selangkah menaiki tangga panggung kehormatan dimana Bupati Kasmarni menunggu untuk kemudian menyerahkan sang saka merah putih kepada siswi asal SMAN 1 Mandau ini. Sementara bertugas sebagai penggerek bendera Jensen Wiliam Lingga dan M. Fakhrurozy Irsandy dan Erianto Andreas Revandi.

Ketika ketiganya sudah siap dengan tugas masing-masing. Para orang tua paskibra dan para peserta upacara terlihat tegang. Mengapa tidak. Karena bisa saja terjadi hal-hal non teknis saat bendera mau dikibarkan, seperti sangkutan tali lepas dan lain sebagainya.

Akhirnya kecemasan hadirin berubah menjadi sukaria, ketika Jensen William Lingga, M Fakhrurozy Irsandy dan Erianto Andreas Revandi yang sudah ditempah berminggu-minggu berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

Sang saka merah putih menghiasi langit Bengkalis ketika berkibar diujung tiang bendera Lapangan Tugu untuk beberapa jam kedepa. Sebelum akhirnya diturunkan melalui sebuah upacara penurunan bendera pada sore hari nanti.

Selain Bupati dan Wabup. Peringatan detik-detik ini juga dihadiri Sekda, dr Ersan Saputra TH dan pejabat lingkup Pemkab Bengkalis.

Ketua DPRD, tampak hadir Kapolres AKBP, Setyo Bimo Anggoro, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia, Kajari Bengkalis Zainur Arifin Syah, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis, Bayu Soho Rahardjo, Kalapas Kelas IIA Bengkalis Lukman, Kepala Bea Cukai, Kepala Imigrasi Bengkalis, Ketua Pengadilan Agama, Ketua LAMR, Ketua PWI Bengkalis, para pengurus ormas dan OKP, tamu dan undangan lain.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index