Riau Sharia Week 2023, Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Riau Sharia Week 2023, Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Syariah
(Foto:istimewah)

Iniriau.com, Pekanbaru - Dalam rangka Road To Festival Syariah Regional Sumatera 2023, Bank Indonesia Provinsi Riau menggelar Riau Sharia Week 2023 yang dilaksanakan selama 2 hari yakni 8-9 Juli 2023 bertempat di Mall Living World Pekanbaru. Ada banyak stand UMKM yang bisa dikunjungi, dengan sejumlah produk unggulan di bidang kuliner, fashion dan kerajinan tangan.

Pelaksanaan Riau Sharia Week 2023 mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Riau, Bank Syariah Indonesia (BSI), Baznas Riau, Badan Wakaf Indonesia (BWI) Riau dan Forum Pondok Pesantren Riau. Selain itu, kegiatan ini juga mendapatkan antusias yang cukup tinggi dari pelaku UMKM di Riau.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhammad Nur mengatakan pada ajang Riau Sharia Week kali ini, ada 3 agenda besar yang dilaksanakan yakni syariah forum, syariah kompetition dan syariah fair. Menurutnya, Riau memiliki banyak nilai lebih dalam pengembangan ekonomi syariah ke depannya.

"Kita Riau patut berbangga, karena Riau sudah punya BRK Syariah dan Kdeks sehingga pengembangan potensi ekonomi syariah sangat baik. Pada tahun ini, kita juga telah berhasil meraih 6 penghargaan di bidang ekonomi syariah. Mudah-mudahan, tahun ini kita bisa kembali meraih juara umum pada ajang Fesyar Regional Sumatera," sebut Muhammad Nur kepada Iniriau.com, Sabtu (08/07).

Kepala Bapenda Riau, Syahrial Abdi mengungkapkan, Pemerintahan Provinsi Riau sangat fokus dalam upaya pengembangan ekonomi syariah. Ada banyak hal yang telah dilakukan, termasuk perubahan status Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah.

"Ekonomi syariah, menjadi penopang ekonomi nasional pada hari ini. Kita patut berbangga, karena sudah punya bank syariah yakni Bank.Riau Kepri Syariah. Kita juga sudah mendorong dan mempermudah sertifikasi halal bagi seluruh pelaku UMKM. Insyaallah, sebentar lagi kita juga sedang menggesa zona kuliner halal dan sehat (Zona Khas). Selain itu, kita juga fokus untuk meningkatkan literasi terhadap ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat," Ungkap Syahrial Abdi.

Kegiatan pembukaan Riau Sharia Week 2023, ditandai dengan pemukulan kompang bersama serta melakukan visit booth UMKM Riau. Nantinya, kegiatan Festival Syariah Regional Sumatera akan dilaksanakan di Medan pada tanggal 22 Juli mendatang. **

Berita Lainnya

Index