Warga Reteh Selamatkan Tapir Terperosok di Parit

Warga Reteh Selamatkan Tapir Terperosok di Parit
Ilustrasi -net

iniriau.com,PEKANBARU - Seekor 
seekor tapir dewasa masuk ke dalam parit di Desa Sungai Asam, Reteh, Kabupaten Inhil, Sabtu (17/6/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut Kapolres Indragiri Hilir AKBP Norhayat tapir terperosok ke dalam parit berlumpur. Kemudian diselamatkan warga dalam kondisi lemah. Warga yang melihat tapir di dalam parit kemudian mengevakuasi ke daratan. Selain itu satwa berwarna hitam putih tersebut dibersihkan dan diberi makan oleh warga.

" Satwa dilindungi itu kini diamankan warga karena ditemukan dalam kondisi lemas," kata Norhayat, Sabtu (17/05/2023).

Dijelaskan dia, lokasi penemuan tapir disebut jauh dari perkampungan. Daerah tersebut berbatasan dengan daerah Provinsi Jambi. 

"Warga di sana sadar dan paham bahwa tapir ini dilindungi. Sehingga oleh warga tapir diberi makan dan dirawat. Diikat di pohon kelapa, kondisinya pun sudah mulai membaik," kata Norhayat.

Untuk memastikan kondisi tapir aman, polisi telah berkoordinasi dengan aparat desa setempat. Termasuk koordinasi terkait penemuan dengan Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru.

"Kita sudah berkoordinasi dengan BKSDA. Kalau untuk tapir, informasi terakhir dari lapangan sudah diamankan warga dan dijaga oleh pak RT," tandasnya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index