Mengerucut, Hari Jadi Kabupaten Inhu Disepakati 19 Maret

Mengerucut, Hari Jadi Kabupaten Inhu Disepakati 19 Maret
Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura SH MH (tiga kanan) memimpin seminar Hari Jadi Kabupaten Inhu (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Penetapan hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai mengerucut. Untuk kali ini, pembahasan hari jadi Kabupaten Inhu dibahas melalui seminar dengan menghadirkan para tokoh dan pihak di ruang Auditorium Yopi Arianto lantai 4 Kantor Bupati Inhu, Senin (22/5/2023).

Diskusi kali ini dimotori oleh Pemerintah Kabupaten Inhu atas permintaan DPRD. Sebab, DPRD Inhu melalui Panitia Khusus (Pansus) sudah membasah tentang hari jadi Kabupaten Inhu hingga tinggal penjadwalan rapat paripurna.

Dimana kesimpulan awal dari seminar tersebut, hari jadi Kabupaten Inhu yakni tanggal 19 Maret 1956 atau pada 2023 ini sudah berusia 67 tahun. Hal itu mengacu kepada undang-undang nomor 12 tahun 1956 tentang pembentukan otonomi kabupaten di lingkungan Provinsi Sumatera Tengah diundangkan, sebagaimana diubah kepada undang-undang nomor 6 tahun 1965 tentang pembentukan Daerah Tingkat (Dati) II Indragiri Hilir (Inhil).

Menurut Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura, Pansus tentang hari jadi Kabupaten Inhu sudah bekerja sesuai perintah undang-undang. “Pengesahan Perda harus dibahas bersama antara eksekutif dan legislatif, begitu juga tentang Ranperda hari jadi Kabupaten Inhu,” ujar Elda Suhanura.
 

Forum diskusi hari ini sebutnya, derajatnya cukup tinggi dengan hadirnya para tokoh dan berbagai pihak. Namun tentunya, proses melalui diskusi ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
 

 

“Koordinator, ketua dan anggota pansus hari jadi Kabupaten Inhu sudah menjalankan semua proses. Bahkan, tetap memperhatikan berbagai sumber di luar tahapan yang sifat mendukung tentang hari jadi Kabupaten Inhu,” ungkapnya.
 

Ketua Pansus Hari Jadi Kabupaten Inhu, Muhammad Syafaat SHI ME mengatakan, berdasarkan pembahasan yang dilakukan hingga pelaksanaan diskusi hari ini dapat disimpulkan sementara yakni hari jadi kabupaten pada 19 Maret 1956.

" Kesimpulan sementara hari jadi kabupaten pada 19 Maret 1956," ungkapnya.**
 

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index