Harga TBS Kelapa Sawit Riau Kembali Mengalami Penurunan

Harga TBS Kelapa Sawit Riau Kembali Mengalami Penurunan
Harga TBS kelapa sawit di Riau kembali turun (foto:Bety)

iniriau.com,PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau kembali mengalami penurunan satu pekan ke depan. Dimana penurunan harga terjadi pada setiap kelompok umur dengan jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 36,50/Kg.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru mengatakan, harga sawit mengalami penurunan mencapai 1,41% dari harga minggu lalu. 

" Pekan ini harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.548,65/Kg," kata Defris, Selasa (31/1/2023).

Ia menjelaskan bahwa faktor penyebab turunnya harga TBS periode ini karena terjadinya penurunan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data.

"Yang mana, indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedapan yaitu 92,17%, harga penjualan CPO minggu ini turun sebesar Rp 148,60 dan kernel minggu ini turun sebesar Rp 136,58 dari minggu lalu," jelasnya.

Dimana minggu yang lalu harga TBS yang ditetapkan oleh tim mengalami penurunan. Hal yang sama terjadi Minggu ini.

"Penurunan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor penurunan harga CPO dan Kernel," ungkapnya.

Sedangkan sistem tata kelola penetapan harga TBS Provinsi Riau semakin membaik. Membaiknya tata kelola penetapan harga merupakan upaya yang serius dari seluruh stake holder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau.

"Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," tukasnya.**

Berita Lainnya

Index