Bawaslu Dumai Buka Pendaftaran Panwascam, Bisa Daftar Online

Bawaslu Dumai Buka Pendaftaran Panwascam, Bisa Daftar Online
Ilustrasi - internet

iniriau.com, DUMAI - Persiapan menjelang pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, terus dilakukan instansi terkait. Salah satunya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Dumai yang mulai melakukan perekrutan panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Dimana mereka nanti  akan bertugas di tujuh Kecamatan di Kota Dumai.

Ketua Bawaslu Dumai, Zulfan mengaku perekrutan Panwascam sudah dimulai   sejak 15 September 2022 dan pendaftaran akan ditutup pada 27 September 2022 mendatang. Saat ini masuk tahapan pendaftaran perekrutan calon anggota pengawas Kecamatan.

"Sejak dibuka Kamis (22/9),  sudah ada 60 orang yang mengambil berkas pendaftaran untuk menjadi Panwascam baik secara online maupun mendatangi langsung kantor Bawaslu Dumai," kata Zulfan, Kamis (22/9).

Nantinya peserta akan diseleksi. Semua pendaftar akan mengikuti ujian tertulis dengan sistem computer assisted test (CAT) dan wawancara. Dari hasil tes tersebut akan masuk enam besar dan akan dipilih tiga besar untuk menjalankan tugas sebagai Panwascam, sementara tiga lainnya akan disiapkan untuk PAW.

" Panwaslu Kecamatan yang akan direkrut berjumlah 21 orang. Dan setiap kecamatan akan diisi oleh tiga orang pengawas pemilu kecamatan," jelasnya.

Dimana syarat utama untuk mendaftar sebagai Panwascam adalah berdomisili di Kota Dumai dengan menunjukkan E-KTP, tidak terlibat partai politik dan berusia 25 tahun keatas.

 "Pendaftaran bisa lintas kecamatan. Dalam artian tidak mesti seorang pendaftar yang berdomisili di Kecamatan Dumai Kota hanya bisa mendaftar di Kecamatan Dumai Kota saja namun bisa mendaftar di kecamatan lainnya, " terangnya.

 Zulfan mengaku  antusiasme masyarakat untuk ikut menyukseskan Pemilu serentak 2024 lumayan tinggi, hal ini dapat dilihat dengan 60 orang yang telah mendaftarkan diri dan 11 orang diantaranya sudah mengembalikan berkas.**

 

Berita Lainnya

Index