Mantap! Tim TNBT Berhasil Evakuasi Orang Utan yang Masuk Pemukiman Warga

Mantap! Tim TNBT Berhasil Evakuasi Orang Utan yang Masuk Pemukiman Warga

iniriau.com, INHU- Seekor orangutan yang masuk pemukiman warga di Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu (Inhu) akhirnya berhasil dievakuasi petugas Tim Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). Penangkapan berawal dari laporan warga. Kemudian tim langsung bergerak ke lokasi untuk mengetahui keberadaan orangutan bernama Rocky tersebut.

Kepala Balai TNBT, Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, setelah beberapa hari melakukan pencarian, tim berhasil menemukan keberadaan orangutan di pemukiman warga Desa Aur Cina.

"Orangutan berumur 19 tahun ini terpaksa dibius untuk dievakuasi menuju kawasan hutan Bukit Tiga Puluh. Secara bersama-sama, Tim TNBT membawa orangutan bernama Rocky menuju kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh," ujar Fifin, Selasa (6/7/2021).

Karena bobot Rocky yang cukup besar  Tim Taman Nasional Bukit Tiga Puluh tampak kesulitan membawa orangutan ini sebab jalur masuk hutan yang cukup terjal.

Fifin juga memastikan saat ini kondisi orangutan Rocky sangat sehat. Hal ini setelah dilakukan  pemeriksaan oleh tim medis pada Rocky.

“Setelah diperiksa oleh dokter hewan yang ada, kondisinya sangat sehat. Untuk sementara Rocky kita evakuasi di Kantor SPTN Belilas, selanjutnya akan kita lepasliarkan, namun kita masih menentukan lokasi yang memungkinkan untuk melepas Rocky,” pungkasnya. **

Berita Lainnya

Index