Ganggu Stabilitas Keamana Kawasan

China Desak AS Stop Pasang Perisai Rudal di Korsel

China Desak AS Stop Pasang Perisai Rudal di Korsel
Tak hanya diprotes China, bahkan rakyat Korea Selatan juga menentang penempatan perisai rudal THAAD milik AS di negara mereka.

BEIJING –  China mendesak dihentikannya segera sistem pertahanan peluru kendali  kontroversi THAAD milik AS, beberapa jam setelah Washington mengesahkan perisai itu kini beroperasi di Korea Selatan.

Washington dan Seoul menyetujui penempatan baterai Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) pada bulan Juli setelah serangkaian uji coba rudal Korea Utara.

Namun pengerahannya telah membuat China marah, yang khawatir akan melemahkan kemampuan rudal balistiknya sendiri dan mengatakan hal itu mengganggu keseimbangan keamanan regional.

 "Kami menentang penyebaran sistem THAAD di (Korea Selatan) dan mendesak pihak terkait untuk segera menghentikan penyebarannya. Kami akan dengan tegas mengambil tindakan yang diperlukan untuk menegakkan kepentingan kita, "juru bicara kementerian luar negeri Geng Shuang mengatakan pada sebuah konferensi pers reguler.

Sementara Beijing mengecam penyebaran perisai tersebut, kementerian luar negeri tersebut menyatakan dukungannya atas komentar mengejutkan Presiden AS Donald Trump bahwa dia akan "merasa terhormat" untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dalam kondisi yang tepat.

"Jika ada kesepakatan  untuk bertemu dengannya, saya akan, tentu saja. Saya akan merasa terhormat untuk melakukannya, "kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Ketika ditanya tentang ucapan Trump, Geng mengatakan bahwa China "selalu percaya bahwa dialog dan konsultasi ... adalah satu-satunya cara yang realistis dan layak untuk mencapai denuklirisasi."

"Kami juga mengatakan berkali-kali bahwa AS dan Korut  harus membuat keputusan politik  Pada kesempatan pertama, mengambil tindakan dan menunjukkan itikad baik sehingga kita dapat menciptakan suasana yang lebih baik untuk melanjutkan perundingan damai dan menyelesaikan masalah ini, "tambahnya.

Sebelumnya,pasukan AS di Korea mengatakan bahwa THAAD "beroperasi dan memiliki kemampuan untuk mencegat rudal Korea Utara dan mempertahankan Republik itu."

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada AFP bahwa sistem tersebut hanya "berkemampuan mencegat awal."

Kemampuan awal ini akan diperkuat. Akhir tahun ini, perangkat keras dan komponen tambahan hadir untuk melengkapi sistem, kata beberapa pejabat.

Sistem THAAD, yang dipasang di bekas lapangan golf di wilayah selatan Seongju, dirancang untuk mencegat dan menghancurkan rudal balistik jarak pendek dan menengah selama fase akhir penerbangan mereka.

Beijing telah memberlakukan sejumlah tindakan yang dipandang sebagai pembalasan ekonomi terhadap Korea Selatan untuk penempatan THAAD, termasuk larangan pada kelompok tur.

Ritel konglomerat Lotte, Yang sebelumnya memiliki lapangan golf, juga telah ditargetkan, dengan 85 dari 99 gerainya di China ditutup, sementara produsen mobil terbesar Korea Selatan Hyundai Motor mengatakan penjualannya di China telah turun tajam.

Penyebaran THAAD terjadi saat ketegangan melonjak di semenanjung Korea setelah serangkaian peluncuran rudal oleh Korea Utara dan peringatan dari pemerintahan Presiden Donald Trump bahwa tindakan militer tersebut merupakan "pilihan di atas meja."

Masalah yang semakin rumit, Trump membuat Seoul tertegun Minggu lalu ketika dia menyatakan Korea Selatan harus membayar sistem THAAD senilai $ 1 miliar.

"Saya memberi tahu Korea Selatan akan lebih baik jika mereka membayar. Ini adalah sistem bernilai miliaran dolar, "kata Trump seperti dikutip sebuah laporan yang diterbitkan.

"Ini fenomenal, tembak rudal langsung dari langit.

 Seoul membalas bahwa berdasarkan Perjanjian Status Pasukan yang mengatur kehadiran militer AS di negara tersebut, Korea Selatan akan menyediakan tempat dan infrastruktur THAAD sementara AS akan membayar untuk menyebarkan dan mengoperasikannya.

Thomas Karako, direktur Proyek Pertahanan Rudal di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mencatat bahwa satu-satunya baterai THAAD di Korea Selatan tidak memiliki jangkauan untuk mencakup seluruh negara.

Tapi dia menyebutnya sebagai langkah awal yang penting.

"Ini bukan tentang perisai yang sempurna, ini tentang membeli waktu dan dengan demikian berkontribusi terhadap kredibilitas keseluruhan dari pencegahan," kata Karako kepada AFP.

"Korea Selatan dengan THAAD membantu mengomunikasikan ke Utara bahwa hari ini bukanlah hari yang baik untuk menyerang.

(arab news/zar/riaupos.co)


Berita Lainnya

Index