Kirim Kapal Perang dan Heli Tempur

Jepang Perkuat Gugus Tempur Amerika ke Korea

Jepang Perkuat Gugus Tempur Amerika ke Korea
Kapal induk bertenaga nuklir AS, Carl Vinson kini sudah berada di Laut China Selatan

TOKYO – Jepang rupanya tidak mau tinggal diam menyikapi perkembangan situasi di Semenanjung Korea. Negara yang wilayah lautnya kerap menjadi sasaran uji-coba rudal nuklir Korut, siap ambil bagian memperkuat gugus tempur AS.

Ya, angkatan laut Jepang berencana ikut ambil bagian bersama gugus tempur Amerika Serikat yang dipimpin kapal induk nuklir, Carl Vinson ke Semenanjung Korea sebagai upaya memeringatkan dan mencegah Pyongyang meneruskan uji coba peluru kendali pada masa depan.

"Jepang akan mengerahkan beberapa kapal perang dan dua helikopter tempur serta mengiringi armada Carl Vinson memasuki kawasan berhampiran perairan negaranya dan Laut China Selatan," kata sumber yang dikutip kantor berita Reuters.

Petinggi  Pasukan Bela Diri Laut Jepang (MSDF) berkata, tindakan provokatif AS-Jepang itu mungkin akan memicu kemarahan Beijing, menyusul isu pertikaian wilayah dengan Tokyo mengenai beberapa pulau tidak berpenghuni di dekat Taiwan.

Kementerian Luar Negari Korea Utara kemarin dilaporkan mengutuk tindakan AS dan memberi peringatan bahwa mereka sangat siap untuk berperang.

Sementara itu, pejabat Presiden Korea Selatan, Hwang Kyo-ahn, sebagaimana dikutip di laman Reuters, mengingatkan tentang ’ancaman lebih serius’ dari rezim Utara dan memerintahkan militer negara itu untuk meningkatkan pemantauan dan komunikasi dengan Washington.(riaupos.co)

Berita Lainnya

Index