Ke Lokasi Kapal AS Peluncur Rudal Tomahawk

Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah

Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah
Rusia Kirim Kapal Perang ke Suriah

MOSCOW - Sebuah kapal perang Rusia kemarin dilaporkan berlayar menuju ke timur Laut Mediterrania, lokasi ditempatkannya dua kapal perang Amerika Serikat (AS) yang meluncurkan 59 peluru kendali jelajah Tomahawk ke Suriah.

Seorang pejabat pertahanan AS kepada Fox News mengatakan, kapal Admiral Grigorovich RFS-494 berlayar melalui Selat Bosphorus dari Laut Hitam.

Dalam satu perkembangan lainnya kemarin, sebuah kapal perang jenis destroyer AS juga berlayar ke satu lokasi rahasia untuk mengambil pasokan senjata.

Satu sumber diplomatik militer di Moscow kepada kantor berita Rusia, Tass mengatakan,Admiral Grigorovich akan berlabuh di sebuah pangkalan militer di Suriah.

“Kapal perang yang dilengkapi peluru kendali Kalibr akan menyinggahi pangkalan logistik di Tartus, Suriah,” kata sumber itu.

Kapal itu dilaporkan mengisi logistik di Novorossiisk, Russia dan terlibat dalam latihan bersama kapal perang Turki di Laut Hitam.

Menurut sumber itu, kehadiran kapal berbobot 4.000 ton di Suriah tergantung situasi di negara tersebut.

Ditempat yang dituju kapal Rusia itulah, Jumat pagi lalu (WIB), dua kapal perang AS, USS Porter dan USS Ross di timur Laut Mediterrania meluncurkan 59 peluru kendali jelajah Tomahawk menggempur pangkalan udara Shayrat di Homs, Suriah.

Washington menuduh pesawat pangkalan itu melancarkan serangan kimia terhadap kota Khan Sheikhun di wilayah Idlib,  Selasa lalu.

Serangan kimia terhadap kota yang dikuasai kelompok milisi pemberontak itu menyebabkan sedikitnya 86 tewas, kebanyakannya wanita dan anak-anak.(alarabiya/zar/riaupos.co)

Berita Lainnya

Index