Beratnya Tak Sampai 1 KG

Bayi Prematur Mini Jalani Bedah Jantung

Bayi Prematur Mini Jalani Bedah Jantung
Bayi Prematur Mini Jalani Bedah Jantung

HO CHI MINH – Sebuah rumah sakit di Ho Chi Minh berhasil melaksanakan operasi pembedahan jantung dengan bayi termuda yang lahir prematur dengan berat badan hanya 900 gram.

Inilah bayi paling ringan yang pernah mengalami pembedahan jantung.

Kantor berita Vietnam, VNA, megutip pernyataan tim dokter yang diketuai  Dr Pham Thi Thanh Tam, yang menyebutkan bahwa bayi perempuan itu diterima pada 3 Maret lalu, dari sebuah rumah sakit  di wilayah Vinh Long karena mengalami masalah jantung dan ’coarctations aorta’.

Bayi prematur itu lahir pada usia kandungan 31 minggu dengan bobot hanya seberat 900 gram, juga mempunyai masalah pernafasan dan gagal ginjal.

Tam berkata, prosedur pembedahan itu paling rumit dan berbahaya namun perlu dilakukan segera, tidak mungkin menunggu hingga bayi tersebut mencapai berat ideal..

“Jika pembedahan tidak dilakukan segera, akan berpengaruh signifikan terhadap kesehatan bayi itu,” katanya.

Menurutnya, sebelum pembedahan dilakukan, diskusi dengan berbagai pihak dilakukan untuk mencari jalan penyelesaian terbaik.

Setelah 20 hari, dokter memutuskan melakukan pembedahan, pada 23 Maret lalu.

Menurut Dr Pham, pembedahan selama satu jam itu akhirnya berlangsung sukses dan bayi tersebut mampu bernafas dengan bantuan oksigen.(VNA/zar/riaupos.co)


Berita Lainnya

Index