Ditemukan Pekerja Proyek Galian Pipa

Mayat Utuh Berusia Lima Abad Itu, Berbalut Sutera

Mayat Utuh Berusia Lima Abad Itu, Berbalut Sutera
Mayat Utuh Berusia Lima Abad Itu, Berbalut Sutera

BEIJING – Sesosok mayat yang diduga berasal dari dinasti Ming di Cina yang dimumikan, ditemukan dalam kuburan purba yang tak sengaja tergali oleh pekerja pemasangan pipa bawah tanah di Cina.

Penemuan pekan lalu itu, seperti dilaporkan media setempat,  menyimpan misteri karena kondisinya masih cukup baik kendati diperkirakan sudah terkubur selama 500 tahun

Mayat itu dibungkus dengan rapi menggunakan kain sutera.

Dugaan sementara, jenazah itu dulunya adalah seorang abdi-negara pada Dinasti Ming  bernama Gu Po yang merupakan cucu seorang pejabat anti-rasuah bernama Gu Zuo.

Mayat kuno itu ditemukan di daerah Taikang yang berada dalam wilayah Henan. Koran Huanqui memberitakan, penemuan jenazah terjadi ketika pekerja akan memasang pipa bawah tanah.

Berdasarkan laporan, sebelumnya pekerja menemukan batu nisan yang tertera tulisan  ‘‘pejabat pemerintah Dinasti Ming’ serta nama keluarga ‘Gu.’

Walaupun sudah berusia lebih 500 tahun, rambut, gigi dan tangan Gu masih dalam keadaan seperti biasa. Kain sutera yang dipakaikan pada mayatnya juga dalam kondisi baik.

Mumi itu ditemukan tak jauh dari Maozhuang, lokasi pemakaman keluarga Gu lainnya.

Kendati kuburan kuno, sejumlah kalangan di sana menyebutkan, penemuan itu tidak mempunyai nilai arkeologi karena tidak ada benda lain ditemukan di dalam makam Gu, selain mayatnya.(south china morning post/zar/riaupos.co)


Berita Lainnya

Index