Jadi Pusat Pendidikan dan Kajian Islam

Awal April Yayasan Abdurrab Resmikan Masjid At Tabrani di Pekanbaru

Awal April Yayasan Abdurrab Resmikan Masjid At Tabrani di Pekanbaru
Awal April Yayasan Abdurrab Resmikan Masjid At Tabrani di Pekanbaru

PEKANBARU-Tepat 7 April 2017 bulan depan, Yayasan Abdurrab akan meresmikan Masjid At Tabrani sebagai tempat ibadah sekaligus sentral pendidikan dan kajian Islam. Bertempat di Jalan Bakti, Kecamatan Marpoyan Damai, masjid yang berdiri megah di atas lahan seluas 5 hektar tersebut juga didirikan demi meningkatkan kualitas keberagaman kaum muslimin.

"Sebagai sentral pendidikan, di lokasi pembangunan masjid (At Tabrani) ini nantinya juga akan dilengkapi dengan bangunan SMP dan SMA Abdurrab, Islamic Boording School, komplek asrama dan komplek guru. Lalu akan dibangun pula business center dan convention hall, At Tabrani Islamic Business School serta asrama mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab," kata Pembina Tabrani Islamic Center (TIC), Susiana Tabrani, Sabtu (25/03/17).

Wanita berhijab ini menjelaskan, pembuatan Masjid At Tabrani sendiri terinspirasi dari arsitektur Andalusia dengan beberapa ornamen dan corak klasik melayu. Memiliki luas bangunan 1.600 meter persegi, masjid ini pun mampu menampung 1.100 jemaah.

Sementara itu, Ketua TIC ustad Andree menuturkan, keberadaan Masjid At Tabrani sebagai pusat pendidikan dan kajian Islam ditunjang pula dengan kerjasama berbagai center of excellence yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Di bidang ilmu dan pembelajaran Al-qur'an misalnya, pihaknya menggandeng kerjasama dengan Indonesia Al-qur'an Community (IAC) Bandung dibawah pimpinan Syekh Khanova Maulana, pemilik sanad Al-Qur'an tertinggi di Nusantara yang memiliki 20 jalur periwayatan Qiroah Asyrah.

Kemudian di bidang kajian Islam, filsafat dan pemikiran serta Islamisasi Sains dan ilmu-ilmu kontemporer, Yayasan Abdurrab juga telah menjalin kerjasama dengan perhimpunan para pakar kajian Islam, Institute For The Study of Islamic Thought and Civilization di Jakarta yang sudah belasan tahun konsisten melakukan publikasi serta riset pendidikan. Selanjutnya di bidang kajian Islam implementatif, Yayasan Abdurrab sudah bersinergi dengan Rumah Fiqih Indonesia di Jakarta.

"Pra peresmian akan dilaksanakan 6 April, sedangkan peresmiannya kita gelar 7 April mendatang. Dihadiri oleh Wasekjen MUI, KH Tengku Zulkarnaen. Saat peresmian nanti, kita juga akan mengadakan solat Jum'at berjamaah perdana di Masjid At Tabrani," tutupnya.***



sumber: riauterkini.com

Berita Lainnya

Index