Award Akan Diperluas Untuk Masjid Lain Di Dunia

Ini Dia Tiga Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Teluk Arab

Ini Dia Tiga Masjid dengan Arsitektur Terbaik di Teluk Arab
Masjid Sheikha Salama di kota Al-Ain, Uni Emirat Arab

JEDDAH - Tiga masjid dari Teluk Arab tahun ini meraih Architecture Award. Ketiganya adalah Masjid Msheireb di Qatar, Masjid Sheikha Salama di kota UEA Al-Ain, dan Masjid Arcapita di Bahrain.

Ketiganya menerima Abdullatif Al-Fozan Award untuk Arsitektur Masjid.

Pangeran Khaled Al-Faisal, penasihat Raja Salman dan Gubernur Makkah, Pangeran Sultan bin Salman, ketua Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional dan ketua dewan penghargaan ini, Ahad lalu menyerahkan award kepada ketiga pemenang di Hotel Hilton, Jeddah.

Penghargaan ini merupakan kali kedua diberikan, setelah menyisihkan 122 masjid yang menjadi nominator dari wilayah tersebut.

Masjid Arcapita di Bahrain.

Penghargaan juga ditandai dengan pemberian hadiah uang sebanyak 2 juta Riyal yang didistribusikan kepadaa tiga pemenang, dari 60 juta Riyal dana abadi yang disiapkan untuk penerima penghargaan.

Pangeran Sultan mengatakan tujuan utama dari penghargaan ini adalah guna memperkuat hubungan antara masjid dan masyarakat, serta untuk memotivasi para arsitek untuk meningkatkan desain, dengan fokus pada arsitektur berkelanjutan, fitur hemat energi, optimasi pencahayaan dan arsitektur yang memberi nilai tambah kepada  Komunitas.

Masjid Msheireb di Doha, Qatar

Rencananya, pada edisi berikutnya yakni pada penghargaan ketiga, akan terbuka untuk masjid dari seluruh dunia Muslim yang tentunya dengan cakupan yang lebih luas.

Pangeran Sultan menambahkan bahwa masjid memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat Muslim, seperti tempat ibadah dan sumber ketenangan dan kenyamanan, serta tempat-tempat untuk pertemuan sosial, membawa masyarakat lebih dekat bersama-sama.

Dr Ibrahim Al-Naimi, sekretaris jenderal Dewan Penghargaan, berkata bahwa anugerah Abdullatif Al-Fozan  telah menjadi platform yang menimbulkan kesadaran pada arsitektur masjid kontemporer.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran untuk memberikan kontribusi terbaik untuk desain, konstruksi, dan pemeliharaan masjid.(arab news/zar)


sumber: riaupos.co



Berita Lainnya

Index