3 Rabiul Awwal 1444 H | Kamis, 29 September 2022
Perjuangan Putra, Guru Disabilitas yang Mengabdikan Diri Mendidik Siswa Down Syndrome
style | Rabu, 31 Agustus 2022
Editor : Fara Amelia | Reporter : Wit

Semangat pak Putra, guru yang mengabdikan diri mendidik siswa disabilitas. (foto:int)

iniriau.com – Mas Putra adalah salah satu guru di yayasan Lombok Care, Nusa Tenggara Barat, yang mengabdikan diri untuk mendidik siswa disabiltas.

Meski dirinya juga memiliki keterbatasan pada kedua kakinya, hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya. Pak Putra, sapaan akrabnya disekolah, memang mengalami disabilitas sejak lahir yaitu kedua kakinya yang bengkok ke arah dalam yang membuatnya harus berjalan menggunakan tongkat.

“Di Lombok Care, saya mengajar siswa khusus peyandang down syndrome, yang secara intelektual memiliki kecerdasan di bawah rata-rata,” kata pak Putra, Rabu (31/8/22).

Di kelasnya, pak Putra mendampingi lebih dari 15 siswa down syndrome. Rata-rata mereka membutuhkan berbagai macam terapi seperti fisioterapi, okupasi terapi dan terapi wicara.

Perjuangan pak Putra tidaklah mudah, ia harus menempuh jalanan dari rumahnya menggunakan sepede motor roda tiga yang ia modifikasi menuju yayasan.

“Kalau naik angkutan memakan banyak biaya. Makanya saya lebih memilih pergi naik motor ini. Walaupun kadang-kadang ini motor suka mogok. Tapi ya maklum namanya juga motor tua,” ujar Putra sambil tertawa kecil.

Penghasilan yang diterima Putra setiap bulannya tidaklah sebanding dengan apa yang ia berikan. Namun, menjadi seorang guru adalah panggilan jiwa baginya. Sehingga rintangan dan keterbatasan adalah motivasi diri untuk lebih kreatif.

Di sekolahnya, selain menjadi wali kelas, Putra juga mengajar berbagai ilmu seni kepada siswanya. Salah satunya yaitu melukis.

"Tantangan dan keterbatasan yang kita hadapi itu bisa menjadi sebuah pelajaran yang berharga dan menjadikan kita lebih berinovasi. Kita juga tetap berpikir positif agar perlahan orang lain juga berpikir positif terhadap penyandang disabilitas," ucap dia.**


    Nasional   Otomotif   Life Style
  Bisnis   Advertorial   Ruang Kosong
  Daerah   Galeri   Pariwisata
  Internasional   Sport   Hiburan
  Hukum   Pendidikan   Griya Interior
  Politik   Budaya   Kisah Inspiratif
    Kota Pekanbaru   Kabupaten Kampar   Kabupaten Rokan Hulu
  Kabupaten Indragiri Hulu   Kabupaten Kuantan Singingi   Kabupaten Rokan Hilir
  Kabupaten Indragiri Hilir   Kabupaten Meranti   Kabupaten Bengkalis
  Kota Dumai   Kabupaten Siak   Kabupaten Pelalawan
      Pemkab Bengkalis   DPRD Kabupaten Bengkalis