Tak Realisasikan Janji Bangun Kebun Masyarakat, Bupati Zukri Segel Lahan PT MAL

Tak Realisasikan Janji Bangun Kebun Masyarakat, Bupati Zukri Segel Lahan PT MAL
Penyegelan lahan kebun PT MAL (foto: istimewa)

iniriau.com, PELALAWAN - Pemkab Pelalawan menyegel lahan PT. Mekarsari Alam Lestasri ( MAL ) di Desa Tanjung Air Hitam Kecamatan Kerumutan. Bupati Pelalawan H.Zukri, SE didampingi Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan d Zulkifli, turun langsung dalam penyegelan Selasa ( 4/6/2024 ). Pasalnya PT MAL tidak memfasilitasi pembangunan kebun ( plasma ) untuk masyarakat.

Dalam penyegelan tersebut dipasang plang yang bertuliskan pemberitahuan dilarang melakukan segala bentuk aktivitas usaha perkebunan di perusahan tersebut. Demikian disampaikan Bupati Pelalawan  H Zukri SE usai melakukan penyegelan.

Luas lahan di plang pemberitahuan tersebut, PT MAL  seluas 1.796,9 hektare. Lahan perusahaan kelapa sawit beroperasi terdapat di empat desa yakni  Desa Tanjung Air Hitam da Pangkalan Panduk dan Kelurahan Kerumutan di Kecamatan Kerumutan.

"Ya, kita melakukan penyegelan dengan melakukan pemasangan plang yang bertuliskan pemberitahuan dilarang melakukan segala bentuk aktivitas usaha perkebunan di perusahan tersebut. Untuk Izin Usaha Perkebunan- Budidaya (IUP-B) perusahaan PT MAL," ujar Bupati.

ketika ditanyakan,kapan plang segel tersebut dicabut, Bupati menegaskan plang tersebut dicabut jika perusahan merealisasikan janji kewajiban memfasilitasi pembangunan kebun untuk masyarakat sekitar paling sedikit 20 persen. Baru plang dicabut dan IUP B akan dihidupkan kembali.

Sesuai kesepakatan beberapa waktu, janji disepakati sebanyak 360 hektare, tapi sesuai pertemuan perusahaan baru menyerahkan 200 hektare, tapi ternyata sesuai mou kemarin, lahan tersebut belum juga diserahkan oleh perusahaan PT MAL. Jadi sisanya seluas 160 hektare belum juga ada kejelasan dari perusahaan.**
 

Jerry

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index