Kewenangan Dialihkan, Pemprov Riau Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pekanbaru

Kewenangan Dialihkan, Pemprov Riau Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pekanbaru
Perbaikan jalan Ahmad Yani Pekanbaru mulai dilakukan Pemprov Riau (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Janji Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto untuk menuntaskan permasalahan infrastruktur di Riau terus dilakukan. Diantaranya ruas Jalan Ahmad Yani Pekanbaru yang sebelumnya banyak terdapat kerusakan.

Upaya Pj Gubri mengambil alih beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru seperti diuntungkan. Kini, ruas-ruas yang sudah diperbaiki tersebut sudah nyaman dilalui masyarakat.

“Ya saya baru mendapat laporan, proses pengerjaan perbaikan jalan rusak di Ibukota Provinsi Riau Kota Pekanbaru terus berjalan. Hari ini jalan Ahmad Yani yang sudah mulai diperbaiki, nantinya akan dilanjutkan ke jalan-jalan rusak lainnya,” papar Gubri.

Menurutnya, dukungan untuk perbaikan ruas jalan tersebut memang karena mengalami kerusakan yang cukup parah. Apalagi Kota Pekanbaru adalah barometer Provinsi Riau sebagai Ibukota Provinsi.

Untuk di Kota Pekanbaru saja, kata dia, Pemprov Riau telah mengambil alih sebanyak 16 ruas jalan untuk segera dilakukan perbaikan. Kendati demikian, semangat gesa jalan juga akan dilanjutkan sampai menyentuh seluruh kabupaten/kota se-Riau.

Dalam implementasinya, Pj Gubri menginstruksikan jajarannya segera membuat program multi years untuk penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan provinsi di daerah.   Pasalnya, lima tahun belakang ini tidak ada program multiyears untuk menyelesaikan perbaikan jalan provinsi di kabupaten kota. Sehingga sampai saat ini kondisi jalan provinsi tidak ada kepastian kapan akan selesai pembangunannya.

"Saya akan turun melihat kondisi infrastruktur di daerah. Saya juga sudah minta pak Sekda dan Dinas PUPR Riau untuk membuat program multiyears supaya ada kepastian penyelesaian pembangunan jalan provinsi," terang Mantan Kadis PUPR Riau itu.

Beberapa akses infrastruktur yang menjadi perhatian seperti Jalan Sorek-Guntung, Jalan Dumai-Lubuk Gaung. Selain itu peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Mahato (Batas Kab. Rokan Hulu) - Simpang Manggala dan beberapa ruas strategis lainnya yang berperan sebagai urat nadi transportasi masyarakat.

Sementara itu Kabid Bina Marga Dinas PUPR Riau Teza Darsa mengatakan pihaknya sudah menginventarisir beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah di Pekanbaru. Dimana, arahan Pj Gubernur Riau SF Hariyanto untuk segera digesa proses perbaikannya.  

“Ya ruas jalan ini salah satu yang ditinjau Pak Pj Gubernur Riau beberapa waktu lalu. Makanya langsung kita gesa sesuai Instruksi pak Pj Gubernur. Proses pengerjaan sudah dilakukan, insyallah akan segera rampung,” terang Teza.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index