Razia PETI di Lubuk Ambacang, Tim Gabungan Temukan Bekas Alat Berat

Razia PETI di Lubuk Ambacang, Tim Gabungan Temukan Bekas Alat Berat
Razia PETI di Lubuk Ambacang Kuansing (foto: istimewa)

iniriau.com, KUANSING - Tim gabungan dari Polres Kuansing dan Polsek Hulu Kuantan mengelar razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Razia tim gabungan itu dilaksanakan pada Selasa (16/4/2024).

Razia ini dilakukan  ber­dasarkan informasi dari masyarakat yang menyebutkan kembali maraknya aksi PETI di wilayah Hulu Kuantan. Tim gabungan dipimpin Kapolsek Hulu Kuantan AKP Johari SH bersama dengan Kanit Tipidter Polres Kuansing Ipda Hainur Rasyid, serta personel dari Sabhara dan Polsek Hulu Kuantan.

Dalam razia ini tim gabungan tidak menemukan aktivitas PETI seperti yang dilaporkan. Namun petugas menemukan bekas galian aktivitas PETI, onggokan tanah, dan pondok kecil yang sudah ditinggalkan.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH melalui Kapolsek Hulu Kuantan AKP Johari SH mengatakan,  tindakan yang diambil tim gabungan meliputi pengecekan langsung ke lokasi, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan PETI guna menjaga ketertiban dan keamanan, pembakaran pondok kecil, pemasangan police line dan pemasangan spanduk larangan PETI. 

“Tidak ada barang bukti yang diamankan selama kegiatan pengecekan. Kegiatan pengecekan selesai pada pukul 18.00 WIB dengan situasi kondusif dan aman,” ujarnya, Rabu (17/4/2024).

Informasinya lokasi yang dirazia Polres itu, sudah digarap oknum tak bertanggungjawab memakai alat berat. Para pelaku mengeruk emas di daerah itu sejak Minggu kemarin. Dengan menggunakan alat berat sebanyak dua unit, masing-masing merk Komatsu dan Caterpillar (Cat).**

 

#Hukrim

Index

Berita Lainnya

Index