Pemkab Pelalawan Raih Penghargaan dari 2 Program Prioritas

Pemkab Pelalawan Raih  Penghargaan dari 2 Program Prioritas
Foto istimewa

iniriau.com, PELALAWAN - Setiap pemerintah daerah tentunya memiliki program yang menjadi prioritas setiap pemimpinnya. Misalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan. Pada tahun 2021 lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dipimpin oleh H. Zukri sebagai Bupati dan H. Nasaruddin sebagai wakilnya.

Mengenai program prioritasnya, terdapat banyak program yang menjadi prioritas Bupati Pelalawan dimasa kepemimpinan H. Zukri-H. Nazaruddin. Berikut dua prioritas yang menonjol bahkan hingga mendapatkan piagam penghargaan. Diantaranya, Memberikan pendidikan dan kesehatan gratis dan Memberikan Bantuan Sosial Bagi Masyarakat Miskin, Anak Yatim dan Janda Tua.

Memberikan Pendidikan dan Kesehatan Gratis

Pada program pendidikan gratis ini dilaksanakan untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat. Program ini dicetuskan agar calon generasi penerus bangsa di daerah kabupaten Pelalawan dapat bersekolah tanpa terkecuali dan tidak ada yang putus sekolah.

"Saya tidak mau generasi penerus bangsa tidak mendapatkan pendidikan dan putus sekolah, karena Pemerintah Daerah telah menggelontorkan dana yang besar untuk pendidikan gratis buat generasi penerus bangsa di Negeri Amanah ini," ungkap Bupati Pelalawan H. Zukri kepada Iniriau.com Kamis, (18/4/2024) di ruangannya.

Lebih lanjut, Zukri mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana yang besar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten untuk pendidikan gratis. Dimana dari tahun 2023 lalu Pemkab Pelalawan telah menggulirkan program buku gratis, dan tahun 2024 ini dicetuskan program bantuan tas dan baju gratis.

"Untuk program buku gratis ini diperuntukkan tingkat SD sebanyak 539.092 buah dan tingkat SMP 194.030 buah," jelasnya.

Foto istimewa 

 

Sementara itu, Bupati Pelalawan H. Zukri melanjutkan, pada program Kesehatan Gratis, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan telah berkerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat kabupaten Pelalawan yang ingin berobat cukup menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja.

"Program ini tidak hanya berlaku di Kabupaten Pelalawan, tetapi juga di luar Kabupaten Pelalawan. Masyarakat bisa berobat di Puskesmas, RSUD atau Rumah Sakit Swasta yang ada di dalam maupun di luar Kabupaten Pelalawan," bebernya.

Pemkab Pelalawan Raih 2 Penghargaan Kesehatan

Atas komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara gratis Kepada masyarakat dengan hanya menggunakan KTP Pelalawan. Pemerintah Kabupaten Pelalawan berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan RI.

Penghargaan ini diserahkan secara simbolis langsung oleh Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian kepada Bupati Pelalawan H. Zukri di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, pada Selasa (14/3/2023) lalu.

Tak hanya itu saja, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga meraih penghargaan predikat Swasta Saba Padapa pada tahun 2023 lalu. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Pelalawan H. Zukri didampingi istri Sella Pitaloka, S.Ap, Selasa (28/11/2023) di Jakarta.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan komimen  dalam memberikan pelayanan kesehatan secara gratis  (foto: istimewa)

 

Penghargaan predikat Swasta Saba Padapa ini diberikan lantaran Pemerintah Kabupaten Pelalawan mampu menciptakan kabupaten dan kota yang bersih dan sehat. Bupati Pelalawan H. Zukri mengungkapkan, kedua penghargaan yang diterima itu tidak terlepas dari ikhtiar Pemerintah, Perusahan dan masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

"Kedua penghargaan ini diperoleh berkat kekompakan pemerintah Kabupaten Pelalawan serta masyarakat. yang fokus untuk mewujudkan Kabupaten Pelalawan sehat dari berbagai tatanan, seperti sarana prasarana, masyarakat sehat mandiri, pariwisata, dan lalu lintas," ungkapnya.

Sambung Zukri, Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dan penghargaan Swasti Saba Pedapa ini adalah hadiah untuk masyarakat Kabupaten Pelalawan. "Penghargaan ini saya persembahkan kepada masyarakat Pelalawan. Dimana berkat kontribusi masyarakat Pelalawan lah, Kabupaten Pelalawan bisa meraih kedua penghargaan ini," ungkap Zukri.

Bansos untuk Masyarakat Miskin, Yatim dan Duafa

Pada program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, yakni memberikan santunan kepada masyarakat miskin, Anak yatim dan janda tua/lansia ini. Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah menunaikan kepada ribuan anak yatim berupa bantuan sosial. Sebanyak 5.300 anak yatim tercatat telah mendapatkan santunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan komitmen dalam memberikan pendidikan secara gratis (foto: istimewa)

 

Hal itu disampaikan Bupati Pelalawan, Zukri. Dia menambahkan pada tahun 2024, Pemkab Pelalawan telah menyiapkan anggaran bantuan anak yatim kurang lebih senilai Rp15,9 miliar. "Jadi setiap anak yatim mendapatkan bantuan sebesar Rp250 ribu per bulan dan setahunnya sebesar kurang lebih Rp3 juta," sebutnya.

Menurut Zukri, program bantuan anak yatim merupakan niat atau nazar dirinya, saat akan maju menjadi Bupati Pelalawan. Waktu itu dirinya salat dan berdoa akan hal tersebut. Dengan niat baik, kata Zukri, Alhamdulillah, mimpi itu dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Selain bantuan anak yatim, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga menganggarkan bantuan untuk lansia, imam dan muazin Masjid se-Kabupaten Pelalawan.

Zukri berharap, bantuan yang disalurkan hendaknya bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban kehidupan anak-anak yatim di Kabupaten Pelalawan. "Semoga apa yang telah kita usahakan dan kita saurkan kepada masyarakat dapat membantu masyarakat itu sendiri, dan masyarakat Kabupaten Pelalawan terlepas dari Kemiskinan," harapnya. (ADV)

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index