Pj Gubri Klaim Pemprov Riau Berhasil Atasi Stunting Hingga 13,6 Persen

Pj Gubri Klaim Pemprov Riau Berhasil Atasi Stunting Hingga 13,6 Persen
Pj Gubernur Riau SF Hariyanto (foto: net)

iniriau.com, PEKANBARU - Data terbaru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, angka prevalensi stunting di Provinsi Riau tahun 2023 sebesar 13,6 persen. Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto. Menurutnya angka tersebut sudah diatas target sebelumnya yaitu 14 persen.

"Itu sudah di atas target. Sebelumnya ditetapkan yakni 14 persen. Provinsi Riau berhasil menurunkan angka stunting pada tahun 2023, dan sekaligus menempatkan Riau pada tiga besar provinsi terendah di Indonesia," ujar SF Hariyanto, Jumat (29/3/2024).

Ia mengaku bahwa penurunan stunting tahun 2023 sangat signifikan jika dibandingkan tahun 2022 di angka 17 persen.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemprov Riau masih akan melakukan pengecekan lebih lanjut untuk mendapatkan kepastian terhadap kondisi stunting di kabupaten/kota, termasuk menginventarisasi daerah-daerah dengan angka stunting yang masih tinggi.

Mantan pejabat Kementerian PU itu menyebutkan bahwa angka stunting di beberapa kabupaten/kota mungkin saja ada kenaikan. Oleh sebab itu, data ini masih akan ditindaklanjuti ke daerah.

"Jadi, mana daerah dengan angka stuntingnya yang masih tinggi akan lebih fokus untuk dilakukan intervensi," ujarnya.

Selain Pemprov Riau mengalami penurunan angka stunting, Pj Gubri juga mengapresiasi Kabupaten Kampar yang penanganan stunting nya sangat baik.

"Kita mengapresiasi capaian penanganan stunting di Kabupaten Kampar yang tentunya sangat memuaskan," pungkasnya.**

 

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index