Pemkab Kampar Siap Sukseskan Lancang Kuning Carnaval Tahun 2024

Pemkab Kampar Siap Sukseskan Lancang Kuning Carnaval Tahun 2024
Pj. Bupati Kampar H. Hambali, SE., MH., yang diwakili oleh Asisten III Ir. Azwan, M.SI., menghadiri rapat teknis pelaksanaan Lancang Kuning Carnaval (foto: istimewa)

iniriau.com,Pekanbaru - Pj. Bupati Kampar H. Hambali, SE., MH., yang diwakili oleh Asisten III Ir. Azwan, M.SI., menghadiri rapat teknis pelaksanaan  Lancang Kuning Carnaval. Event tersebut tergabung dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI), yang diselenggarakan di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau Pekanbaru, Senin (25/3/2024).

Rapat ini dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Riau Ir. H S.F Hariyanto, MT., yang didampingi oleh Pj. Sekda Provinsi Riau Indra, SE., MM. Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Riau, Kejati Riau,  Kapolresta Pekanbaru, serta diikuti oleh Seluruh Bupati/walikota Se-Provinsi Riau.

Dalam arahannya, H S.F. Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. .Dimana dalam rangka tindak lanjuti BBI dan BWI dalam kegiatan Lancang Kuning Carnaval.

“Pelaksanaan BBI Tahun 2023 di Provinsi Riau merupakan yang terbaik dari 10 Provinsi di Indonesia,”ungkapnya

Ia juga menyebutkan bahwa Pemprov Riau selalu didukung oleh Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau dan sukses mendapatkan prestasi di tahun 2023.  Ini menjadi contoh nantinya untuk pelaksanaan di  tahun 2024 sehingga provinsi Riau bisa menjadi yang terbaik dalam BBI dan BWI.

Pj. Gubernur Riau juga mengatakan tahun 2024 Festival Lancang Kuning Carnaval ini diharapkan dapat memperkenalkan tarian Lancang Kuning dengan 1000 orang Anak. Hal ini merupakan untuk akan membuat rekor Muri untuk Provinsi Riau dan selanjutnya kegiatan ini juga nantinya dihadiri oleh 9 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Event ini banyak yang ditampilkan seperti Pawai Parade Budaya, Grand Carnaval, Tari Masal, Local Performance, Contest/Lomba, special performance, Funt Market dan Mini Stage. Event digelar tanggal 3 s/d 5 Mei 2024 di Pekanbaru,”ungkapnya

S.F Hariyanto juga menjelaskan bahwa disisi lain, dengan adanya kegiatan ini nantinya akan ada perputaran uang di Provinsi Riau dengan meningkatkan pariwisata  yang ada di Riau dan pasti UMKM akan Maju. Ia berharap para pelaku ekonomi kreatif maupun asosiasi-asosiasi di Riau untuk ikut bersama memeriahkan Festival besar tersebut supaya ekonomi kreatif Riau lebih dikenal, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

“Untuk itu, saya menginginkan seluruh ekraf di Riau berinovasi dan berkarya dan perlu kerja sama Kabupaten/Kota dan Instansi vertikal untuk mendukung acara Lancang Kuning Festival 2024,"tuturnya.

Usai mengikuti Rapat Teknis Pelaksanaan Kegiatan Lancang Kuning Carnaval tersebut Asisten III Bidang Administrasi Setda Kampar Azwan mengatakan bahwa Pemda Kampar siap mendukung serta menyukseskan Lancang Kuning Festival yang digelar tanggal 3 hingga 5 Mei 2024 di Kota Pekanbaru.

“Ini merupakan festival yang sangat luar biasa, dan kita (Kampar) akan Menampilkan UMKM di Event tersebut, dengan event ini tentunya kita pasti akan mengenalkan ciri khas UMKM buatan Kampar,”ungkapnya

Azwan juga berharap semoga dengan acara seperti ini bisa meningkatkan budaya yang ada di Riau semakin dikenal sampai Nasional dan Internasional.**

R Hakim

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index