Pj Gubri Ajak Polda Riau Cek Harga Sembako dan Kesiapan Lebaran

Pj Gubri Ajak Polda Riau  Cek Harga Sembako dan Kesiapan Lebaran
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto..(Foto : istimewa)

Iniriau.com, PEKANBARU - Menghadapi lebaran  tahun 2024 yang akan jatuh di Bulan Mei nanti, Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, mengajak jajaran Polda Riau untuk berkoordinasi dan memeriksa seluruh kesiapan lebaran.

Permintaan Pj Gubri itu guna  memastikan masyarakat Riau merasa aman dan nyaman dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Kesiapan itu diantaranya dengan memeriksa keamananan dan ketersediaan angkutan mudik lebaran. Hal ini, sebutnya, sangat penting agar tidak ada angkutan yang tidak layak melakukan perjalanan mudik lebaran.

"Kita minta pada Polda Riau, dalam rangka Idul Fitri ini untuk melakukan peninjauan terhadap angkutan mudik lebaran. Jangan sampai ada angkutan yang tidak layak jalan, malah ikut beroperasi dan menyebabkan penumpang terganggu," jelasnya di Pekanbaru, Sabtu (9/3/2024).

Selain itu, SF Hariyanto juga meminta Polda Riau melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah wisata yang ada di Provinsi Riau. Dengan begitu objek wisata tetap aman dan terkendali saat masyarakat memadati tempat wisata saat liburan lebaran.

"Selain itu kami juga minta Polda Riau melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap kapasitas angkutan saat mudik lebaran. Misalnya angkutan kapal, jangan sampai kapasitas 100 diisi 200," jelasnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting  Pj Gubri juga meminta Polda Riau untuk mengawasi dan memantau potensi lonjakan harga tiket mudik lebaran. Apalagi, kenaikan harga tiket jelang lebaran selalu saja terjadi. Dikhawatirkan lonjakan harga tiket menyebabkan peningkatan angka inflasi di Provinsi Riau.

"Lalu kami minta harga tiket juga diawasi. Jangan sampai harga tertinggi melebihi HET. Ini bisa memicu inflasi. Ya kalau harga tiket naik, ya naik, tapi yang wajar," pungkas Pj Gubri.

Selain meminta pengawasan kepada Polda Riau, Pj Gubri juga menginformasikan kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam menyambut Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Ia minta pengawasan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, daging, BBM, hingga LPG dipastikan aman saat puasa dan lebaran.

"Dalam rangka persiapan menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, sembako seperti beras, minyak goreng, telur, daging, BBM, hingga LPG, alhamdulillah stok cukup," tutup SF Hariyanto. (ADV)

Berita Lainnya

Index