Jabatan Edy Natar Segera Berakhir, SK Penunjukan Pj Gubernur Riau Keluar Pekan Ini

Jabatan Edy Natar Segera Berakhir, SK Penunjukan Pj Gubernur Riau Keluar Pekan Ini
Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution saat dilantik sebagai Gubernur Riau (Gubri) definitif di Istana Presiden Senin (27-11-2023). Foto:Istimewa)

Iniriau.com, PEKANBARU - Masa jabatan Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution berakhir pada 20 Februari mendatang. Ini sesuai dengan tanggal pelantikan pada tahun 2019 lalu. Untuk itu  Provinsi Riau akan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur menjelang terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Riau definitif hasil Pilkada Serentak 2024.

Menurut Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau Jhon Armedi Pinem hingga saat ini pihaknya masih menunggu SK penunjukan Pj Gubri dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sampai saat ini belum keluar, kita masih menunggu,” ucapnya Minggu (11/2/2024)

Saat ditanya  apakah SK penunjukan Pj Gubri harus sudah dikeluarkan pekan ini juga karena jabatan Gubri Edy Natar yang tinggal menghitung hari, Jhon Pinem membenarkannya.

“Ya, kita harapkan secepatnya. Kalau usulan nama semua sudah dilakukan DPRD Riau. Kita tinggal menunggu saja,” sebutnya.

Pemerintah Provinsi Riau tidak dilibatkan karena merupakan kewenangan DPRD Riau. Sesuai Permendagri Nomor 4 Tahun 2023, DPRD Riau diberi ruang agar bisa mengusulkan nama Pj Gubri untuk mengakomodir keinginan masyarakat di daerah. Salah satu syarat menjadi Pj Gubri adalah pejabat eselon I.

Untuk mendapatkan Pj Gubri, tahapannya dimulai dengan pengusulan nama-nama calon Pj Gubri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau. Usulan tersebut disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sesuai aturan mekanisme, usulan nama calon Pj Gubernur terdapat enam orang, dengan komposisi tiga nama usulan dari DPRD dan tiga nama dari pemerintah pusat. Dalam pengusulan nama calon tersebut, beberapa waktu lalu DPRD Riau juga menerima sejumlah masukan dari beberapa tokoh Riau.

Masukan tersebut disampaikan langsung oleh para tokoh di Gedung DPRD Riau. Meskipun tidak menyebutkan langsung nama calon yang didukung, namun beberapa tokoh tersebut menyampaikan kriteria calon Pj Gubri yang dinilai cocok untuk memimpin Riau.

Beredar informasi mencuat beberapa nama-nama calon Pj Gubri yang akan diusulkan DPRD Riau ke pemerintah pusat, yakni SF Hariyanto (Sekdaprov Riau), Sri Indarti (Rektor Unri), dan Erwin Dimas (Staf Ahli Bappenas RI) yang juga merupakan putra daerah Riau.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index