Pj Bupati Kampar Dinobatkan Sebagai Payung Panji Adat Datuok Rajo Limbago

Pj Bupati Kampar Dinobatkan Sebagai Payung Panji Adat Datuok Rajo Limbago
Pj Bupati Kampar Hambali, SE., MB.A., MH., dinobatkan sebagai Payung Panji Adat Kampar selaku Datuok Rajo Limbago (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Pj Bupati Kampar Hambali, SE., MB.A., MH., dinobatkan sebagai Payung Panji Adat Kampar selaku Datuok Rajo Limbago, di Hari Jadi Kabupaten Kampar ke 74. Penobatan tersebut dilaksanakan di Balai Adat Kampar, Jl. Letnan Boyak, Kelurahan Langgini, Kecamatan. Bangkinang Kota Kabupaten Kampar, Selasa, (62/2024).

Prosesi penobatan dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) Drs.  Yusri, M.Si. Datuok Bandaro Mudo. Gelar Payung Panji Adat Datuok Rajo Limbago yang diberikan kepada Hambali sebagai penghargaan selaku Pj. Bupati Kampar yang merupakan asli putra terbaik Kabupaten Kampar.

Dalam prosesi penobatan tersebut, Hambali menggunakan pakaian adat Datuok Rajo Limbago yang kemudian Ketua LAK secara simbolis memasangkan Detau dan Keris pusako.

Hambali sendiri usai dinobatkan sebagai Datuok Rajo Limbago menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya atas penghargaan yang telah diberikan. 

“Ini sangat istimewa bagi saya, apalagi gelar adat ini diberikan bersempena pada hari jadi Kabupaten Kampar, insya' Allah amanah dan tanggung jawab ini akan saya laksanakan sesuai dengan adat Kabupaten Kampar," ucap Hambali

Selain itu, Hambali juga memberikan apresiasi kepada LAK yang sejauh ini telah bekerja keras dalam menyatukan semua para ninik mamak yang ada di Kabupaten Kampar. Serta terus membudayakan serta melestarikan adat istiadat Kampar.

“Bukan itu saja, sebagai wujud tali bapilin tigo, tigo tungku sajoangan. Insyaallah, pembangunan di Kampar ke depan akan lebih maju dan merata.” tutur Hambali.

Hambali juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini Kampar akan melaksanakan kegiatan Kampar Expo Job Fair (lowongan kerja) yang akan memberikan kesempatan dan peluang bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar untuk mencari pekerjaan ataupun peluang karier.

Sementara itu, Ketua LAK Kampar Drs. Yusri, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa gelar datuok yang diberikan kepada Pj. Bupati Kampar ini telah melalui  kesepakatan lebih dari 500 para ninik mamak yang ada di Kabupaten Kampar.

" Kaki berharap Datuok Rajo Limbago dapat terus mempersatukan adat dengan Pemerintah, Ulama dan Ninik Mamak," ujar Datuk Bandaro Mudo yang juga merupakan Pj. Sekda Kampar dihadapan seluruh Ninik mamak.

Dalam penobatan tersebut, hadir Anggota DPR RI Dr. Syahrul Aidi, hadir juga beberapa mantan Bupati Kampar dan Pj. Bupati Kampar pada masanya,  kemudian hadir Forkopimda Kampar, para ninik mamak, ketua dan anggota DPRD Kampar, para Kepala Dinas dan undangan lainnya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index