Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Pantau Banjir yang Kepung 3 Dusun

Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Pantau Banjir yang Kepung 3 Dusun
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Sertu Ilyas dan Sertu Nurhaidin tinjau banjir di Desa Sahilan Darussalam (foto: istimewa)

iniriau.com, KAMPAR – Banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di Riau. Diantaranya di Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Ada sekitar 3 Dusun yang terendam banjir akibat dari luapan air Sungai Kampar Kiri.

Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Sertu Ilyas dan Sertu Nurhaidin yang didampingi perangkat Desa Sahilan Darussalam melaksanakan pemantauan banjir yang ada di tiga titik lokasi berbeda. Diantaranya di Dusun Satu Koto Dalam, Dusun Dua Tanah Kali dan di Dusun Tiga Pulau Baru Desa Sahilan Darussalam, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar. Minggu (28/01/2024).

Dari Hasil Pantauan yang dilakukan Babinsa beserta Perangkat Desa diketahui sejauh ini ada sebagian rumah warga yang terendam banjir. Dimana ketinggian air bervariasi antara 40cm sampai dengan 120cm.

"Dari pantauan kami dilapangan, ada sebagian rumah warga yang sudah terendam banjir, ada juga yang hanya menggenangi halaman saja. Namun sejauh ini belum ada yang mengungsi, ketinggian air bervariasi antara 40cm sampai 120cm pada area-area dataran yang lebih rendah," ungkap Babinsa.

Babinsa menjelaskan bahwa banjir ini akibat dari masih tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Kampar, khususnya di daerah hulu sungai.

"Di tempat kita masih sering hujan. Hampir setiap hari turun hujan, khususnya di hulu sungai. Adanya kiriman air dari hulu sungai inilah yang menyebabkan sungai Kampar Kiri meluap, air naik ke pemukiman warga dan menyebabkan banjir," jelasnya.

Babinsa menjelaskan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana banjir di wilayah Kecamatan Gunung Sahilan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Camat, Kepala Desa serta Perangkat Desa dan Bhabinkamtibmas, terkait langkah-langkah yang akan diambil jika banjir yang terjadi  di Desa  Sahilan Darussalam," terangnya.

Kemudian Babinsa juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada demi menghindari kejadian - kejadian yang tidak terduga.

“Kepada warga agar selalu waspada. Bila terjadi peningkatan ketinggian air, segera mengungsi ke tempat pengungsian, serta tolong jaga kesehatan,” imbau Babinsa Sertu Ilyas.**

R Hakim

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index