Kapolda Riau Tinjau Banjir Jalintim Sumatera

Kapolda Riau Tinjau Banjir Jalintim Sumatera
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H saat meninjau banjir di Jalintim Sumatera (foto: istimewa)

iniriau.com,PELALAWAN - Tingginya curah hujan mengakibatkan, debit air di lokasi banjir Kilometer 75 hingga 83 Desa Kemang mencapai satu meter lebih. Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal turun langsung cek lokasi banjir dan masyarakat terdampak,  di jalan Lintas Timur tepatnya di kilometer 75 simpang jalan Lingkar Pangkalan Kerinci, Sabtu(06/01/2024).

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal didampingi  Dirlantas Polda Riau,Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto. Turut hadir Bupati Pelalawan H. Zukri, Wakil Bupati Pelalawan H. Nazaruddin, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharuddin dan sejumlah Forkopimda Pelalawan.

Kapolda Irjen Pol M. Iqbal mengatakan banjir ini disebabkan curah hujan sangat lebat, sehingga menyebabkan debit air tinggi. Ditambah Jalan Lintas Timur ini berdekatan dengan Sungai Kampar yang saat ini tengah meluap.

Sekarang ini diposisi kilometer 75 kedalaman air diperkirakan mencapai 50-70 centimeter. Lokasi genangan air yang paling parah di jalan Lintas Timur adalah kilometer 83.Kedalaman air yang menggenangi jalan pada kilometer 83 mencapai 1,2meter. Kondisi ini sudah tidak bisa lagi untuk dilalui oleh kendaraan roda dua dan mobil kecil.

Melihat kondisi seperti ini, tentu harus dilakukan upaya maksimal. Terutama kepada pengguna jalan jangan sampai terjadi kemacetan. Oleh karena itu strategi yang akan dilakukan adalah berupa rekayasa lalulintas. Meskipun upaya tersebut tidak bisa normal, namun strategi tersebut diharapkan bisa membuat arus lalu lintas terus mengalir.

Kapolda juga mengatakan rekayasa arus lalu lintas yang akan dilakukan adalah pola pengalihan arus lalu lintas, pola buka tutup. Sedangkan untuk pola buka tutup arus lalu lintas ini akan dilakukan maksimal satu jam sekali, atau 30 menit sekali. Berhubung jalan Lintas Timur ini digenangi banjir, jadi tidak mungkin dilakukan arus lalu lintas dua arah.

"Kita akan lakukan berbagai macam upaya untuk kepentingan masyarakat banyak. Oleh karena itu, kita akan lakukan beberapa strategi untuk pengguna jalan.Berupa pengalihan arus lalu lintas dan sistem buka tutup arus lalu lintas, " ujar Kapolda Riau.

Dalam waktu dekat akan digelar rapat membahas lalu lintas di jalan Lintas Timur Sumatera ini dengan Gubernur Riau. Guna mengantisipasi segala macam kemungkinan yang akan terjadi ditengah-tengah tingginya curah hujan pada saat sekarang ini.

Kapolda Riau juga menghimbau kepada pengguna jalan kendaraan truk besar, agar kerjasama dengan petugas pengatur lalu lintas yang bertugas 24 jam di lapangan.

"Tekad kami adalah akan terus melakukan upaya-upaya pelayanan kepada masyarakat . Sehingga upaya rekayasa lalu lintas tidak terkendala dan menimbulkan kemacetan," ungkap Kapolda.

Terakhir Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal mengingatkan masyarakat terdampak banjir agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Dalam kesempatan itu Kapolda Riau juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.**

*Jer*

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index