MUI Riau Usulkan Sekdaprov dan 2 Rektor untuk Calon Pj Gubri

MUI Riau Usulkan Sekdaprov dan 2 Rektor untuk Calon Pj Gubri
Pertemuan MUI Riau dengan DPRD Riau dalam rangka mengusulkan nama calon Pj Gubernur Riau (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau yang dipimpin langsung Prof Dr Ilyas Husty MA usulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) ke DPRD Riau.Yakni Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ir SF Hariyanto MT. Kemudian Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Hj Sri Indarti, SE  MSi serta Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Prof Dr Khairunnas Rajab MAg.

Ketiga nama tersebut disampaikan melalui pertemuan yang digelar di ruang medium DPRD Riau, Jumat (1/12/23). Turut hadir jajaran MUI lainya yakni Ahmad Syah Haroffie selaku dewan pertimbangan.Sementara dari DPRD Riau Wakil Ketua Agung Nugroho serta dua anggota DPRD Riau lainya yakni Ade Agus Hartanto dan Anwar Markarius.

Ketiga nama tersebut diusulkan bahwa sesuai administrasi sudah memenuhi syarat untuk diusulkan sebagai calon Pj Gubri. Kemudian berada di Riau serta memahami tentang demokrafi Riau secara budaya, sosial termasuk birokrasi.

"Dilihat dari syarat, administrasi, domisili serta pemahaman soal Riau kami melihat sudah memenuhi kriteria. Kami melihat ini penting untuk keberlangsungan dan kelanjutan pembangunan Riau," kata Prof Ilyas.

Selain itu, pertimbangan lainnya karena MUI sendiri selama ini membuka diri mendengarkan berbagai masukan tanpa melihat latar belakang dan kepentingan.

Prof Ilyas juga mengatakan, kenapa harus ditekankan domisili, karena bicara Riau ada banyak orang Riau yang memiliki jabatan di Jakarta. Sebut saja Erwin Dimas, yang saat ini menjabat Deputy di Bappenas RI.

Namun dalam memimpin tentu tidak serta merta melakukan kebijakan karena harus mempelajari terlebih dahulu. Berbeda dengan orang yang memang sudah paham akan kondisi Riau, yang memang karena matang dalam berbagai pengalaman, akan ketika duduk menjadi Pj Gubri nanti, sudah langsung bisa memutuskan apa yang harus dilakukan.

"Makanya kami perlu menekankan bukan cuma orang Riau yang paham dengan daerahnya sendiri. Tapi berdomisili. Ini penting, bagaimana pembangunan tetap berjalan berkelanjutan," ujar Prof Ilyas.

Sementara Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menyambut baik usulan nama-nama calon Pj Gubri yang disampaikan MUI Riau. Usulan ini nantinya menurut Agung akan menjadi pertimbangan bagi dewan, sebelum nantinya memutuskan nama-nama yang akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ini tentu ada menjadi bahan pertimbangan kita untuk disampaikan ke Mendagri," ungkap Agung.

Agung memastikan pekan depan atau sebelum tanggal enam Desember  batas akhir pengusulan nama calon Pj Gubri, sudah dibahas dan dikirim ke Mendagri.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index