DPRD Riau Terima Surat Permintaan Nama Pj Gubernur dari Kemendagri

DPRD Riau Terima Surat Permintaan Nama Pj Gubernur dari Kemendagri
Gedung DPRD Riau (foto: net)

iniriau.com, PEKANBARU - DPRD Riau akhirnya menerima surat permintaan usulan nama-nama Penjabat  (Pj) Gubernur Riau (Gubri). Selain Pj Gubri, surat yang ditandatangi Mendagri Tito Karnavian itu juga meminta pengusulan nama Pj gubernur lainnya.

Seperti Pj Gubernur Lampung, Pj Gubernur Jawa Timur, Pj Gubernur Maluku dan Pj Gubernur Maluku Utara. Ketua Komisi I DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim, saat dikonfirmasi perihal surat tersebut membenarkannya.

"Iya benar, surat permintaan nama-nama Pj. Gubri dari Kemendagri sudah masuk ke DPRD. Ini memang sesuai dengan mekanisme, satu bulan menjelang akhir masa jabatan Gubri," kata Eddy Yatim, Ahad (26/11/23).

Eddy Yatim menghimbau elemen masyarakat untuk dapat menyampaikan aspirasinya terkait nama-nama Pj. Gubri yang diinginkan sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan Kemendagri.

"Sebagai lembaga perwakilan, saatnya tokoh dan elemen masyarakat menyampaikan aspirasinya terkait  usulan nama-nama Pj Gubri melalui partai politik atau fraksi yang ada di DPRD," kata Eddy.

Menurutnya, esensinya DPRD diberikan ruang untuk mengusulkan nama Pj Gubri sebagai representasi keinginan masyarakat di Riau. Tujuannya, agar Pj Gubri mendatang memang orang yang memahami Riau dan bisa mengamankan dan menjalankan program pusat di Riau.

Apalagi ke depan akan ada dua agenda besar di tahun 2024 mendatang. Seperti Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Lanjut Eddy, masukan dan dukungan dari tokoh-tokoh serta elemen masyarakat Riau akan menjadi kekuatan bagi lembaga DPRD Riau dalam memperjuangan figur terbaik untuk memimpin Riau ke depan.

"Harapan kita sosok Pj Gubri yang diusulkan DPRD Riau nantinya, seiring dengan keinginan tokoh-tokoh dan elemen masyakarat Riau. Sehingga nantinya akan terbangun suasana pemerintahan yang kondusif di Riau," ungkap Eddy.

Mengenai batas waktu paparnya lagi, pengusulan nama-nama Pj Gubri hingga tanggal 6 Desember mendatang. Meski dirasa cukup singkat, Eddy mengharapkan tetap akan menghasilkan nama yang benar-benar memahami akan kondisi Riau. Baik secara politik, birokrasi mau pun sosial.

Ketiga aspek itu sangat penting, agar pembangunan di Riau tetap berjalan. Selain itu, jabatan Pj yang cukup lama lebih kurang setahun menjelang terpilihnya Gubri definitif, bisa menjadi jembatan antara kepentingan daerah dan pusat.

"Jadi waktunya memang sangat singkat. Tapi kita harap, hasilnya bisa maksimal," tutup Eddy.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index