Bahas Penggunaan APBD 2024, Plt Gubri Sampaikan 7 Konsep Pembangunan Riau

Bahas Penggunaan APBD 2024, Plt Gubri Sampaikan 7 Konsep Pembangunan Riau
Plt Gubri Edy Natar Nasution kumpulkan Kepala OPD bahas pengunaan APBD 2024 (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution kumpulkan para Pimpinan Organisasi Daerah (OPD) di Gedung Daerah, Jumat (25/11/23). 
Turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto.

Pada kesempatan ini, Edy Natar memberikan arahan kepada seluruh kepala OPD terkait penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau 2024. Plt Gubri berharap penggunaan APBD Riau 2024 disusun dengan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat di Provinsi Riau. Sehingga semakin banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dari anggaran yang telah ditetapkan.

Edy Nasution pada kesempatan itu membeberkan tujuh konsep pembangunan Riau dalam membangun Negeri Lancang Kuning lebih baik dimasa yang akan datang. Serta berorientasi kepada masyarakat.

Adapun tujuh konsep pembangunan Riau tersebut diantaranya sektor pangan dan pertanian, layanan kesehatan, rumah layak huni, pendidikan dan pelatihan. Kemudian lapangan pekerjaan dan ekonomi kerakyatan, infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, serta kehidupan masyarakat Melayu yang agamis.

Menurutnya, tujuh konsep pembangunan tersebut saling memiliki keterkaitan dan saling berurutan. Sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.

"Urut-urutan ketika kita membawa manusia ini pertama kenyangkan dulu perutnya (pangan dan pertanian), sehatkan badannya (layanan kesehatan), tenangkan pikirannya (rumah layak huni), berikan pembekalan untuk dia bisa melakukan sesuatu atau berproduksi (pendidikan dan pelatihan), bimbing dia untuk melakukan sesuatu (lapangan pekerjaan), sehingga nanti barulah bisa kita ajak berproses atau menghasilkan sesuatu," jelas Plt Gubri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Edy Nasution meminta seluruh OPD dilingkungan Pemprov Riau saling bersinergi dan bergandengan tangan. Sehingga rencana besar tersebut bisa terealisasi dengan baik.

"Kalau kita berbicara itu harus ada urut-urutannya, bukan hanya sekedar loncat sana loncat sini. Untuk itulah diperlukan sinergitas (baik internal di OPD maupun dengan OPD lainnya) agar apa yang diharapkan bisa terwujud," ujar Edy.

Selain itu, mantan Danrem 031/WB itu juga menyebutkan bahwa kebersamaan atau sinergitas merupakan kunci dalam mewujudkan program untuk pembangunan daerah lebih baik.**

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index