Plt Gubri Minta Herman Bangun Komunikasi dengan Legislatif dan Provinsi

Plt Gubri Minta Herman Bangun Komunikasi dengan Legislatif dan Provinsi
Plt Gubri Edy Natar Nasution Lantik Herman sebagai Pj Bupati Inhil (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution, resmi melantik H Herman SH MT, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Pelantikan Herman sendiri berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan nomor 100.2.1.3-6162 tahun 2023 tertanggal 17 November 2023.

Mantan Gubri HM Rusli Zainal dan istri Septina Primawati, turut hadir dalam prosesi pelantikan yang digelar di Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru. Pengucapan sumpah dan jabatan Herman ini juga disaksikan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik di tingkat provinsi mau pun Pemkab Inhil.

Prosesi pelantikan berjalan khidmad. HM Wardan tampak hadir, yang sudah mengakhiri masa tugasnya sebagai Bupati Inhil bersama wakilnya, Syamsudin Uti terhitung pukul 00.00 WIB tadi malam. Mantan Bupati Meranti Irwan Nasir dan sejumlah pejabat dan undangan lainnya tampak antusias mengikuti jalannya acara.

Plt Gubri usai pelantikan turut menyampaikan kebahagiannya saat mengucapkan selamat kepada Herman. Menurut Edy, tugas baru sebagai Pj Bupati Inhil merupakan satu kehormatan yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

"Selamat ya. Ini satu kehormatan. Laksanakanlah tugas apa yang harus dilakukan," kata Edy.

Mantan Danrem 031/WB saat memberikan sambutan memberikan sejumlah poin yang harus dilaksanakan Herman sebagai orang nomor satu di negeri seribu parit tersebut.

Pertama menuntaskan berbagai permasalahan menjelang akhir tahun. Baik berkaitan APBD mau pun masalah teknis lainnya. Kemudian Plt Gubernur juga meminta permasalahan stunting, kemiskinan ekstrem, infrastruktur hingga kesiapan menyambut tahun politik 2024 nanti.

Selain itu, Plt Gubernur ini juga berharap Herman bisa membangun komunikasi baik kepada legislatif mau pun para Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) di Inhil.

Sinergitas menurut Edy penting dilakukan untuk kepentingan lebih besar, bagaimana roda pemerintahan dan pembangunan bisa berjalan. Termasuk di tingkat provinsi. Karena sinergitas simultan yang dilakukan juga berkaitan dengan arah pembangunan.

"Bisa membangun kerjasama lebih efektif lagi, baik legislatif di Inhil, termasuk OPD jajaran. Sehingga terbangun komunikasi efektif. Tapi saya yakin beliau bisa melaksanakan dengan pengalaman yang sudah dijalani selama ini," ujar Edy.

Sebagai informasi, Herman lahir di Tembilahan pada 31 Desember 1965. Istrinya bernama Katarina Susanti, yang juga lahir di Inhil, tepatnya di Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah. Memiliki sepasang anak, pertama Asyifa Hersa Putri dan M Azkhalifi Hersa Putra.

Herman sudah kenyang pengalaman sebagai pimpinan instansi. Baik di Inhil dan di Kepulauan Meranti. Selain itu, beberapa jabatan penting juga pernah diembannya di Pemprov Riau. Baik sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau.

Terkait dengan tugas barunya sebagai Pj Bupati Inhil, Herman mengaku usai dilantik akan langsung berangkat ke Tembilahan untuk melaksanakan tugasnya, sesuai arahan Plt Gubernur. Karena dalam waktu tidak lama, harus menyerahkan APBD Inhil ke Pemprov Riau, untuk selanjutnya disetujui dan segera dibahas kembali di jajarannya.

“Rencana saya akan langsung ke Inhil setelah pelantikan, karena saya diberikan waktu selama tiga hari untuk menyelesaikan APBD murni Kabupaten Inhil tahun 2024, itu akan saya kejar terus. Karena paling lambat tanggal 27 atau tanggal 28 sudah harus di bawa ke Pemprov, ini kan untuk satu tahun ke depan," ungkapnya.

“15 tahun yang lalu saya di Inhil, saya pernah menjabat sebagai pejabat di Inhil, dengan berbagai macam jabatan. Mudah-mudahan bisa menjalankan pemerintahan di Inhil, persoalan di daerah itukan beda-beda. Niat kita, kita luruskan dalam memimpin di Inhil. Termasuk mempersiapkan pemilihan legislatif, pilpres dan lanjut lagi sampai pemilihan kepala daerah,” papar Herman lagi.

Selain itu, Herman juga menyampaikan sejumlah program prioritas terutama mengatasi inflasi, seperti apa pengentasan kemiskinan ekstrem. Ia ingin hal itu sudah ada solusi cepat untuk menyelesaikannya.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index