Capai Rp18,5 Triliun, Pelalawan Penyumbang Investasi Tertinggi di Riau

Capai Rp18,5 Triliun, Pelalawan Penyumbang Investasi Tertinggi di Riau
Pelalawan terima penghargaan karena penyumbang investasi tertinggi (foto: istimewa)

iniriau.com, PELALAWAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan berhasil menempati posisi tertinggi sebagai daerah dengan penyumbang realisasi investasi di Provinsi Riau periode 2022 - Triwulan III 2023. Atas prestasinya, Pelalawan menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Helmi. Yaitu pada acara Riau Investment Award 2023 di Hotel Prime Park Pekanbaru, 31 Oktober 2023.

"Atas capaian ini, tentunya Pemkab Pelalawan berterimakasih kepada perusahaan yang sudah berinvestasi di Pelalawan," kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani," Selasa (31/10/2023).

Total realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kabupaten Pelalawan dari tahun 2022 sampai dengan Triwulan III 2023 tercatat sebesar Rp18.571.698.000.000. Disampaikannya, industri kertas dan percetakan merupakan penyumbang investasi terbesar pertama.

Sedangkan listrik, gas dan air menepati posisi kedua dan disusul sektor kehutanan pada urutan ketiga. Sektor lainnya diantaranya tanaman pangan, perkebunan dan peternakan, konstruksi, industri makanan, industri kimia dan farmasi serta sejumlah sektor lainnya.

"Kita berharap dengan masuknya investasi yang besar, tentu akan membuka lapangan kerja. Ekonomi juga tumbuh dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," tutur Budi.

Lanjutnya, suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pelalawan yang telah berhasil menjadi pemenang Riau Investment Award 2023.

"Pelalawan menempati urutan teratas, kategori kabupaten penyumbang realisasi investasi di Provinsi Riau PMA dan PMDA tahun 2022 - Triwulan III 2023. Tentunya patut disyukuri, Kabupaten Pelalawan menarik bagi para investor," pungkasnya.

Sebelumnya, DPMPTSP Provinsi Riau menggelar acara Riau Investment Award tahun 2023. Ini sebagai bentuk apresiasi pada pelaku usaha atas kinerja dan prestasi yang diraih dalam meningkatkan angka investasi di Provinsi Riau.

Kepala DPMPTSP Provinsi Riau, Helmi mengatakan, acara ini merupakan sebuah momentum yang dapat memotivasi dalam melakukan pelayan publik lebih baik pada masyarakat. Selain itu, diharapkan para pelaku usaha mampu meningkatkan investasi sebagaimana yang ditargetkan oleh pemerintah pusat.

"Besar harapan kami kedepannya, kita mampu melakukan pelayanan publik lebih baik lagi sehingga kita mampu membuat investasi sebagaimana yang ditargetkan dan diharapkan oleh pemerintah pusat," terang Helmi.

Acara diawali dengan penandatanganan kerja sama antara pelaku usaha besar dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lalu setelah pembacaan nominasi pemenang, acara diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan langsung oleh Helmi dan Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masrul Kasmy kepada pemenang dari masing-masing kategori.**

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index