Gala Dinner KONI Riau 2023, Gubri Minta Pertahankan Juara Umum Porwil Sumatera

Gala Dinner KONI Riau 2023, Gubri Minta Pertahankan Juara Umum Porwil Sumatera
KONI Riau menggelar Gala Dinner 2023 bersama dunia usaha di Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Riau (foto: istimewa)

iniriau.com, PEKANBARU - KONI Riau menggelar Gala Dinner 2023 bersama dunia usaha di Riau di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Senin (18/9/2023) malam. Gala dinner itu dalam rangka sosialisasi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI dan sosialisasi Program Bapak Asuh atau Bapak Angkat KONI Riau.

Hadir dalam acara Gala Dinner KONI Riau 2023 itu Gubernur Riau H Syamsuar, dan Ketua Umum KONI Riau H Iskandar Hoesin. Turut hadir Ketua Umum PB Porwil Sumatera XI H Jonni Irwan, Sekda Riau SF Haryanto, Kadispora Riau Bobby Rachmat beserta cabor-cabor peserta Porwil Sumatera XI.

Dari kalangan dunia usaha, hadir  pimpinan dan direksi dari berbagai perusahaan yang berhimpun dalam wadah Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Riau. Kemudian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), SKK Migas Sumbagut dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S), perbankan dan BUMD se-Riau.

Ketum PB Porwil Sumatera XI H Jonni Irwan dalam sambutannya menjelaskan Porwil yang akan diikuti delapan provinsi se-Sumatera akan berlangsung pada 4-14 November 2023 akan datang.

"Ada 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Lokasinya ada di Kota Bangkinang, Kampar dan banyak yang di Kota Pekanbaru," jelas mantan Asisten III Pemprov Riau ini.

Jonni Irwan menyebutkan ada empat target Riau dalam pelaksanaan Porwil Sumatera XI. Target utamanya adalah sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi dimana Riau diharapkan kembali menjadi Juara Umum Porwil Sumatera.

"Pada pelaksanaan Porwil Sumatera sebelumnya, yakni Porwil di Bangka Belitung dan Porwil di Bengkulu, Provinsi Riau sukses menjadi Juara Umum," katanya.

Sementara itu KONI Riau dalam pemaparan Program Bapak Angkat atau Bapak Asuh Olahraga yang disampaikan Ketua Bidang Kerjasama KONI Riau H Zulmansyah Sekedang, disebutkan bahwa membina olahraga di daerah, termasuk meningkatkan prestasi olahraga adalah kewajiban semua pihak, termasuk kalangan dunia usaha di Riau.

"Pembinaan olahraga, pembinaan atlet dan cabor, juga menjadi tanggung-jawab dunia usaha. Itu merupakan amanah dari konstitusi, khususnya UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Karena itu, KONI Riau mengajak seluruh dunia usaha di Riau untuk bersama-sama membina olahraga di daerah," kata Zulmansyah Sekedang.

Saat ini, kata Zulmansyah, atlet-atlet Riau sudah banyak berprestasi dan mengharumkan nama Bumi Melayu. Baik di pentas regional se-Sumatera, pentas nasional se-Indonesia dan bahkan pentas internasional kelas dunia.

Salah satunya adalah atlet renang Anandia Treciel Vanessae Evato, yang sukses menyumbangkan medali emas di saat Porwil, PON, SEA Games maupun Asian Games. "Atlet renang kita ini asli anak jati Riau. Sekolahnya di SMUN 1 Pekanbaru dan kuliahnya di Universitas Lancang Kuning. Insyaa Allah ini salah satu atlet andalan Riau dalam Porwil Sumatera XI ini," jelas Zulmansyah.

Terhadap atlet-atlet berprestasi, dan cabornya, penting adanya Bapak Angkat atau Bapak Asuh agar prestasi yang sudah diraih dapat terus dipertahankan dan atlet-atletnya tidak berpindah ke provinsi lain karena rayuan dan iming-iming yang lebih wah dari provinsi lain.

"Ada atlet Riau yang sudah tergoda dengan rayuan provinsi lain dan akhirnya pindah. Kita berharap, dengan adanya Bapak Asuh atau Bapak Angkat, atlet-atlet tetap bertahan di Riau dan tetap mengharumkan nama Bumi Melayu," kata Ketua PWI Riau ini.

Di tempat yang sama, Gubri H Syamsuar mengingatkan agar prestasi Riau sebagai Juara Umum yang pernah diraih di Porwil Sumatera IX Bangka Belitung dan Porwil X Bengkulu dapat dipertahankan.

"Jangan main di kampung orang kita menang, tapi waktu main di kampung sendiri kita kalah. Riau harus tetap pertahankan prestasi sebagai Juara Umum Porwil," tegas Gubri.

Terhadap Program Bapak Angkat atau Bapak Asuh KONI Riau, Gubri memberikan apresiasi agar semua pihak sama-sama terlibat dan turut serta dalam pembinaan olahraga di daerah. Semestinya memang semua kalangan dunia usaha di Riau ikut membantu pembinaan olahraga Riau.

Gubri menyarankan, KONI Riau mendata perusahaan besar dan mana cabor yang akan dibina oleh perusahaan tersebut. "Kalau sudah jelas perusahaan apa membina cabor apa, nanti kita akan mempertemukan," kata Gubri.

Gala Dinner KONI Riau 2023 berlangsung meriah. Diawali dengan santap malam bersama dengan iringan Bedelaw Band dari BRK Syariah, juga ada atraksi Cabor Barongsai dengan menampilkan empat singa bermain bola.(ADV)

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index