Job Fair 2023, Bupati Zukri Ingatkan Perusahaan Tidak Kucing-kucingan Rekrut Naker

Job Fair 2023, Bupati Zukri Ingatkan Perusahaan Tidak Kucing-kucingan Rekrut Naker
Bupati Pelalawan H Zukri saat membuka Job Fair Pelalawan 2023 (foto: istimewa)

iniriau.com,PELALAWAN - Untuk mengurangi pengangguran, Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan mengelar job fair tahun 2023, yang dibuka Kamis (24/8/2023) di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja Komplek Bhakti Praja.

Kegiatan ini diikuti 17 perusahan dengan 732 lowongan pekerjaan (loker) yang tersedia. Dalam Pelalawan  job fair ini pencari kerja diwajibkan mendaftar terlebih dahulu di Aplikasi SIAP KERJA.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pelalawan Zukri mengingatkan perusahaan di Pelalawan tidak kucing-kucingan dalam merekrut karyawan. Untuk itu, Bupati menekankan kepada dinas terkait,agar menyampaikan kepada perusahaan yang beroperasi di Pelawan kalau membuka lowongan kerja tidak diam-diam dan melapor ke Disnaker. Kalau masih ada kedapatan perusahaan yang bandel, kita tidak segan-segan memberikan sanksi. Dirinya ingin kedepannya dinas terkait membuka job fair tidak sistem manual seperti ini,tapi memakai sistem digitalisasi melalui aplikasi "Klik Pelalawan".

"Saya tidak mau perusahaan kucing-kucingan dengan pemerintah dalam perekrutan tenaga kerja, kalau memang masih juga tidak mengindahkan himbauan ini saya akan beri sanksi tegas. Saya mengapresiasi kepada Dinas Tenaga Kerja yang membuat Job Fair intuk mengurangi angka pengangguran,"ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pelalawan Amri Fuad mengatakan, dalam Pelalawan Job Fair ini ada belasan perusahaan yang ikut partisipasi membuka lowongan pekerjaan untuk mengurangi angka pengangguran. Dimana tujuan Job Fair ini untuk menjembatani pencari kerja dengan perusahaan.  

"Perusahaan yang ikut Pelalawan Job Fair yakni PT RAAP, Inti Indosawit Subur, PT Musim Mas, PT Adei Plantation And Industry,PT Cakra Alam Lestari, PT Surya Bratasena,RS Efarina Pangkalan Kerinci, PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Gandaerah Hendana, PT Serikat Putra, dan  PT Sinar Agro Raya. Kemudian  PT Swapro Internasional, PT Valdo Sumber Daya Mandiri, PT Timas Suplindo, PT Agritasari Prima, PT Mekarsari Alam Lestari, PT Permata Hijau Lestari. Saya mau perusahaan berkoordinaai dengan kita saat membuka loker,"terangnya.
               
Amri Fuad juga mengatakan, bahwa Pelalawan Job Fair tahun 2023 ini merupakan yang kedua kalinya. Dimana tahun sebelumnya pihaknya sudah menggelar kegiatan tersebut. Dan penerimaan tenaga kerja tahun ini mengalami peningkatan. Jika  tahun sebelumnya hanya 12 perusahaan dengan 450 loker dan tahun 2023 ini 17 perusahaan dengan 732 loker.

"Para pencari kerja kebanyakan baru tamat sekolah dan kuliah. Saya berharap dengan adanya Pelalawan Job Fair dapat mengatasi angka pengangguran di Negeri Amanah ini,"tutupnya.**

Jerry

#Pemerintahan

Index

Berita Lainnya

Index