Heboh Penemuan Diduga Jejak Kaki Harimau di Kawasan Padat Penduduk di Siak

Heboh Penemuan Diduga Jejak Kaki Harimau di Kawasan Padat Penduduk di Siak
Ilustrasi-internet

iniriau.com, SIAK - Adanya temuan jejak kaki harimau di pinggiran Sungai Siak, tepatnya di RT 06 RK 02 Suak Lanjut Kecamatan Siak, tidak jauh dari Kota Siak membuat heboh warga Kota Siak. Bahkan video diduga jejak kaki binatang buas itu tersebar di jagat maya.

"Inilah penampakan jejak kaki harimau, yang terletak di Suak Lanjut di RT 06, yaitu di penyeberangan Suak Jembatan Wak Wi menuju jembatan Ujang Boat," narasi dalam video tersebut.

Sementara Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja melalui Kapolsek Siak Kompol Syafril mengatakan, penemuan telapak kaki hewan itu pertama kali ditemukan, Selasa (17/1/23) pagi oleh warga.saksi N (60) dan S (65) melihat jejak telapak kaki hewan tersebut. Menurut keterangan saksi, anjing terdengar menggonggong subuh hari, dan pagi harinya mereka melihat jejak telapak kaki hewan tersebut.

" Dari pengakuan saksi,  mereka mendengar anjing menggonggong saat subuh, dan dan pagi harinya mereka melihat yang diduga jejak telapak kaki hewan tersebut," katanya.

Untuk itu Polsek Siak langsung melakukan koordinasi  dengan penghulu setempat dan Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan mengaku sudah menerima laporan adanya penemuan jejak yang diduga Harimau Sumatera di belakang pemukiman masyarakat padat penduduk. Tim Resort Siak kemudian berkoordinasi dengan Penghulu kampung Suak Lanjut, untuk membenarkan informasi tersebut dan melakukan peninjauan di lokasi penemuan jejak di dampingi oleh Penghulu kampung, Kanit intel Polsek Siak, Bhabinkamtibmas Kampung Suak Lanjut dan Masyarakat Sekitar," kata Genman.

" Hasil observasi tim di lapangan, jejak yang ditemukan berukuran Panjang 13 cm dan lebar 11 cm, seperti jejak harimau, tetapi belum dapat dipastikan karena melihat kondisi lokasi yang jauh dari kawasan hutan, posisi penemuan di pinggiran Sungai Siak. Dimana lahannya semak belukar dekat dengan pemukiman padat penduduk.

Genman menghimbau masyarakat agar berhati-hati, saat beraktivitas di malam hari khususnya di lokasi tepian Sungai Siak, mengingat belum adanya kepastian jejak yang ditemukan.

" Masyarakat di tepian Sungai Siak kami himbau berhati-hati, dan   penghulu agar segera berkoordinasi bila ada masyarakat yang menemukan jejak terbaru atau perjumpaan secara visual," tutupnya.**

Berita Lainnya

Index