Ngeri! Warga Bunut Evakuasi Ular Piton yang Nyaris Makan Ternak

Ngeri! Warga Bunut Evakuasi Ular Piton yang Nyaris Makan Ternak
Warga Bunut dan Komunitas Pecinta Reptil Amar PD berhasil evakuasi ular piton sepanjang 8 meter (foto: istimewa)

iniriau.com, PELALAWAN - Masyarakat Desa Lubuk Mas, Bunut, Pelalawan berhasil mengevakuasi ular piton (Phyton Reticulatus) sepanjang 8 meter dengan berat 200 kilogram. Evakuasi hewan reptil ini dilakukan masyarakat bersama  Komunitas Pecinta Reptil Amar PD, beberapa waktu lalu.

Menurut Pecinta Reptil, Amar PD pihaknya segera meluncur ke lokasi saat mendapat laporan dari warga pada 1 Januari 2023 lalu. Dimana warga mendengar suara gaduh dari kambing miliknya, ketika dicek, kambing itu sudah dalam keadaan dililit dengan bagian kepala sudah ditelan ular piton.

" Saat didatangi, ular melepaskan kambing. Mungkin karena merasa terancam, ular piton itu masuk kedalam kanal lebar 2 meter yang berada di dekat kandang kambing tersebut," ujarnya.

Menurut Amar, proses evakuasi memakan waktu 1 jam. Sebab saat itu ular berada di dalam kanal, jadi sangat sulit melacak badannya, karena ular cenderung diam saat berada didalam air," ungkap Amar.

"Ular piton yang kami evakuasi ini panjangnya 8 meter dengan berat diperkirakan lebih dari 200 kilogram," sambungnya.

Setelah dievakuasi dari kebun warga yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pemukiman warga, ular piton ini dibawa tim Amar PD untuk diamankan. Ular ini

kemungkinan tidak akan dilepasliarkan, karena ular ini akan jadi bahan edukasi dan penelitian jika ada orang Eropa yg ingin melihat ular liar dengan ukuran cukup besar dan masih ada di perkebunan di provinsi Riau.**

Berita Lainnya

Index