Curah Hujan Tinggi, Warga Rohul Diminta Tetap Waspada

Curah Hujan Tinggi, Warga Rohul Diminta Tetap Waspada
ilustrasi-internet

Iniriau.com, ROHUL - Bencana banjir dipresiksi masih akan terjadi di Rokan Hulu. Hal ini disebabkan masih tingginya curah hujan baik di Rohul dan juga daerah hulu sungai, hingga awal 2022. Untuk itu, Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Afrizal meminta masyarakat tetap waspada. Pasalnya banjir akibat luapan sungai di Rohul dipresiksi masih akan terjadi.

Menurut Afrizal potensi banjir ada di kecamatan yaitu Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan Tandun, Rambah, Rambah Hilir, Kepenuhan Hulu, Kepenuhan dan Bonai Darussalam. Empat kecamatan tersebut, dialiri oleh 4 sungai besar di Rohul. Diantaranya Sungai Batang Lubuh (Sungai Rokan Kanan), Sungai Rokan Kiri, Sungai Batang Kumu dan Sungai Batang Sosah.

" Banjir yang terjadi di Rohul karena   luapan sungai. Hal itu dipicu bukan karena curah hujan di Riau saja, namun juga  di daerah hulu 4 sungai tersebut masing-masing di Sumatera Barat dan Sumatera Utara," ujar Afrizal, Rabu (29/12).

Sementara, banjir terlama diprediksi  akan terjadi di Rantau Binuang Sakti Kepenuhan dan Bonai Darussalam. Dua daerah itu adalah hilir sungai dan banjir di sana biasanya berlangsung cukup lama. Untuk itu,  masyarakat yang berada di daerah bantaran 4 sungai tersebut agar tetap waspada, meskipun banjir di Kecamatan Rambah, Rambah Hilir dan Rambah Samo sudah surut.**

Berita Lainnya

Index