32 Titik Api Terpantau di Riau, di Siak Terbanyak

32 Titik Api Terpantau di Riau, di Siak Terbanyak
Karhutla

Iniriau.com, PEKANBARU - Berdasarkan data satelit modis terra dan aqua terdeteksi adanya 32 titik panas (hotspot) di Provinsi Riau. Dari hasil pemantauan, hotspot terbanyak berada di Kabupaten Siak.

"Dari 32 Hotspot tersebut 14 diantaranya diduga terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)," ungkap Sukisno, Kepala BMKG Pekanbaru, Senin (25/2/2019).

Lanjutnya lagi, hotspot yang terpantau di Riau tersebar di 6 wilayah. Hotspot tersebar di Siak 12 titik, Bengkalis 9 titik, Dumai 4 titik, Pelalawan 3 titik, Rokan Hilir 1 titik dan Indragiri Hilir 3 titik.

"14 titik diantaranya adalah titik api yang diduga kuat adalah adanya aktivitas kebakaran lahan dan hutan. Hal ini karena 14 titik memiliki level konfidence di atas 70 persen. 14 titik tersebut berada di Bengkalis 4 titik, Dumai 2 titik, Pelalawan 1 titik dan Siak 7 titik," ungkap Sukisno lagi.

MKG mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 56 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke Utara - Timur dengan kecepatan 10 - 27 km/jam.

Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.2 – 1.0 meter. (ard)

Berita Lainnya

Index