LAMR Sebut Masyarakat Yakin Syamsuar-Edy Bisa Bangun Riau Lebih Baik

LAMR Sebut Masyarakat Yakin Syamsuar-Edy Bisa Bangun Riau Lebih Baik
Prosesi Tepuk Tepung Tawar.

Iniriau.com, PEKANBARU - Gubernur Riau H Syamsuar Msi dan Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution SIp kembali ke Pekanbaru Riau untuk menjalankan serangkaian kegiatan. Salah satu kegiatan yang dijalankan adalah Majelis Tepuk Tepung Tawar di Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Kamis (21/2/2019).

Tepuk tepung tawar ini merupakan prosesi adat dengan tujuan memberikan berkah untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan, menghapus sial, majal dan duka nestapa agar terhindar dari orang yang akan di-Tepuk Tepung Tawar.

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Syahril Abu Bakar mengatakan, masyarakat Riau menumpukan harapan yang besar kepada pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution untuk memimpin Riau lebih baik dari sebelumnya.

"Kita berharap Tuan berdua melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, dapat terwujud perjuangan yang diidam-idamkan masyarakat Melayu Riau, yakni Blok Rokan yang mana sudah dijanjikan presiden akan dikelola Pertamina dan BUMD. Mengembalikan tanah ulayat, serta penataan kembali kebun kelapa sawit," harap Syahril Abu Bakar dalam acara prosesi Tepuk Tepung Tawar Kamis (21/2/2019) sore.

Syahril melanjutkan, LAM Riau sebagai representasi masyarakat adat, mengharapkan perhatian serta uluran tangan Syamsuar dan Edy Nasution untuk perjuangan masyarakat Melayu. "Kami yakin tuan berdua akan berikan perhatian yang besar, membangun Riau lebih baik," cakapnya lagi.

Sementara itu, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Alazhar mengatakan, bahwa Tepuk Tepung Tawar tersebut bermakna peringatan. "Makna ini merupakan peringatan. Menunjukkan gubernur bahwa kami siap bekerjasama bahu membahu, Riau bisa lebih dari yang kita capai sekarangg," tukasnya.

Usai menggelar prosesi Tepuk Tepung Tawar, Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau memberikan pidato pertamanya sebagai Gubernur kepada para tamu undangan dan masyarakat yang hadir di gedung LAM Riau. 

"Pada kesempatan ini tentunya kami berharap dukungan dan doa restu dari masyarakat untuk menjalankan amanah sesuai dengan visi dan program kerja kami. Perlu kami sampaikan juga ke depan kita sudah siapkan Ranperda untuk masyarakat Riau, kami juga akan kembangkan Quran Center, mudah-mudahan sebagian rencana kami ini bisa terwujud," ungkap Syamsuar. 

Di dalam pidato pertamanya, Syamsuar juga menceritakan perjalanan pelantikan dirinya sebagai Gubernur Riau di Istana Negara Jakarta Pusat pada Rabu (20/2) kemarin hingga kembali ke Provinsi Riau. (ard)

Berita Lainnya

Index