BPBD Meranti Hanya Punya Dua Unit Mobil Damkar

BPBD Meranti Hanya Punya Dua Unit Mobil Damkar
Mobil damkar

 

Meranti, iniriau.com- Minimnya armada pemadam kebakaran yang dimiliki dikeluhkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal mengaku anggaran yang dimiliki BPBD tidak cukup untuk menambah armada Damkar.


"Jatah kami dari TAPD hanya 4.2 M. Anggaran itu sudah termasuk untuk anggaran rutin dan operasional. Sedangkan harga mobil Damkar tersebut tidak murah, hampir mencapai Rp 1 M," ujar M Edy Afrizal.

Lanjutanya saat ini, BPBD Kepulauan Meranti hanya memiliki 2 unit mobil Damkar. Itupun hanya satu yang dapat difungsikan karena yang satu unit lagi dalam kondisi rusak.

"Memang kita punya dua unit, namun hanya satu yang berfungsi. Satu unit lainnya rusak, anggaran untuk memperbaikinya tidak ada," ujar Edy.

Edy mengakui, keberadaan bantuan mobil Damkar di BPBD Kepulauan Meranti sangat mendesak mengingat Selatpanjang dan sekitarnya mulai marak terjadi kebakaran.

Dengan hanya mengoperasi kan satu unit mobil Damkar, BPBD merasa kewalahan menjinakkan api dan ada puluhan kali bolak-balik menjemput air di Telaga Bening untuk memadamkan kebakaran.

Edy mengungkapkan, untuk menanggulangi kebakaran di pemukiman di Selatpanjang, idealnya BPBD membutuhkan 3 unit mobil Damkar. (IR/C)

Berita Lainnya

Index